Pemkot Bandung Terapkan Konsep Membangun Tanpa Menggusur

Wali Kota Bandung Bersama Warga di Pendopo kota Bandung, Selasa (20/6/2017).

Bandung, Jurnalmedia.com – Pemerintah Kota Bandung akan kembali membangun apartemen rakyat di lahan milik pemerintah, tepatnya di kawasan bantaran sungai Cikapundung, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan.

“Konsep yang sangat baik, namanya membangun tanpa menggusur, jadi kawasan yang dulunya kumuh, kotor sumber penyakit, kita tata dengan kampung deret atau apartemen deret dimana warga pindah dulu sementara setelah renovasi dan pembangunan selesai warga kembali lagi.”jelas kang Emil sapaan akrab Wali Kota Bandung, usai menghadiri acara Sosialisasi Pembangunan Rumah deret Taman Sari, di Pendopo kota Bandung, Selasa (20/6/2017).

Menurutnya, pembangunan tersebut sudah dengan metode yang paling cepat, hanya jangka waktu 6 bulan.

“Warga dipindahkan dulu di tempat yang memadai di apartemen Rancacili atau di tempat kontrakan yang kita biayai tempat nya. Setelah 6 bulan pindah, maka mereka hidup dengan permanen dengan lingkungan yang lebih hijau dan baik, sehingga anak cucunya juga bisa lama tinggal dengan baik.”tuturnya.

Ditambahkan emil, mengenai sewa tempat nantinya akan diberikan nominal sewa sebaik baiknya untuk warga Bandung.

“Dengan 158 kepala keluarga yang akan menghuni rumah deret ini, insya Allah hidupnya lebih baik,”tutur Emil.

Lanjut kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung Arief Prasetya menyampaikan, sosialisasi pembangunan rumah deret taman Sari merupakan bentuk persiapan dalam mengkoordinasikan semua SKPD yang terkait bersama Kelurahan taman Sari, khususnya dalam kegiatan pemindahan hunian sementara untuk pembangunan rumah deret taman Sari.

Lanjut ditambahkan Arief, kegiatan sosialisasi ini didasari bahwa penyelenggaraan pembangunan rumah deret taman Sari tidak akan terwujud tanpa keterlibatan masing-masing unsur Pemkot yang meliputi seluruh aspek, baik ekonomi,hukum sosial, dan budaya.

“Sehingga pembangunan rumah deret taman Sari akan memberikan dampak yang signifikan jika dapat mengintegrasikan secara fungsional masing masing tim yang terlibat sesuai tugas dan kewenangannya.”tutur Arief.

Arief berharap warga Bandung khususnya kawasan taman Sari merasa senang karena akan kembali di lingkungan permanen yang lebih modern dan bersih.

Red**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *