Emil: Pengusaha Muda di Bandung Terus Berkembang

Walikota Bandung, Ridwan Kamil

Bandung, Jurnalmedia.com – Menurut Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil, negara yang maju adalah negara yang banyak enterpreneurnya. Khusus di kota Bandung untuk para pengusaha diberikan kemudahan, baik perijinan maupun mendapatkan modal.

Hal tersebut dikemukakan saat menjadi narasumber pada acara The 9th Indonesia Conference On Innovation , Entrepreneurship , and Small Business di Hotel Sheraton Bandung, Rabu (06/09/2017).

Lanjutnya, Program kota Bandung khusus untuk melakukan bisnis dinamakan Kredit Melati (Melawan Rentenir), sebuah layanan kredit yang diperuntukkan bagi masyarakat mendapatkan pinjaman uang untuk modal usaha, terutama bagi para pelaku usaha kota Bandung.

“Jadi maasyarakat tidak perlu khawatir ketika meminjam uang melalui program ini. Karena dalam pinjaman mikro ini nasabah tidak akan dikenakan bunga yang besar, bahkan bisa dibilang tidak ada bunga. Kredit ini juga mencangkup jenis usaha mikro perdagangan, bidang jasa, dan industri rumah tangga,”jelasnya.

Ditambahkan Ridwan, dengan berkembangnya para pengusaha di kota Bandung, maka pemerintah terus memberikan ruang untuk para pengusaha.

“Maka para entrepreneur itu harus kita investasikan di usia muda supaya cita-citanya bergeser, setelah lulus tinggal memilih, mau jadi karyawan atau menjadi pengusaha,”tutur Ridwan.

Lanjutnya, khusus di Bandung kontennya bukan industri besar, tetapi sebisa mungkin mendorong untuk para pengusaha muda untuk berbisnis dan mengembangkan kreativitas dan inovasi.

“Dengan unsur kreativitas, maka para pengusaha bisa mengembangkan bisnisnya, apalagi dengan kredit melati secara berkelompok kita bersama sama melakukan usaha,”tuturnya.

Menurutnya, kemajuan anak muda di kota Bandung dalam berusaha sudah sangat luar biasa, rata-rata pengusaha anak muda sudah bisa membangun sebuah konsep usaha.

“Kalau saya lihat dan datang ke cafe, saya coba tanyakan siapa pemiliknya, kebanyakan anak muda. Nah ini menunjukkan bahwa Bandung sudah bisa mengembangkan bisnis pada pengusaha muda,”tutur Emil.

Ditambahkan Emil, peluang instrumen bisnis di Bandung itu sudah ada intinya. Sudah ada jalan dan cara caranya.

“Intinya untuk jadi pengusaha itu harus gaul, perlu melihat opportunity, bisa melihat trend peluang dan lain sebagainya. Tapi jangan suka sendirian jika menjadi pengusaha, ajak yang lain tetap selalu berbagi sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat,”pungkas Emil.

 

Red**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *