Yossi: Qurban Memberikan Pelajaran Saling Berbagi

Bandung, Jurnalmedia.com – Secara harfiah Idul Adha berarti hari raya qurban, yang maksudnya untuk memperingati pengorbanan nabi Ibrahim AS dan keluarganya agar dicontoh, diteladani, dan diwujudkan nilai nilai pengorbanannya oleh orang-orang yang beriman.

Hal tersebut dikemukakan oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto saat memberikan sambutan pada acara shalat Idul Adha 1438H di Lapang Parkir Gerbang Biru Stadion GBLA Kota Bandung, Jumat (1/9/2017).

Lanjutnya, keutamaan berqurban diperintahkan Allah dalam firman-nya surat Al Kautsar (1-2)

“Sesungguhnya kami teh memberikan karunia yang sangat banyak kepadamu, maka shalatlah untuk tuhanmu dan sembelihlah qurban”

Maka dari dalil tersebut menegaskan bahwa pentingnya berqurban sebagai penguatan ibadah yakni hubungan dengan Allah SWT dan ibadah sosial dengan sesama manusia.

“Saya merasa bangga, karena kepentingan berqurban semakin tumbuh dan berkembang di masyarakat, karena fenomena ini bukan sekedar melengkapi kehadiran Idul Adha, tetapi sebagai bentuk penguatan kesadaran berketuhanan dan rasa sosial di masyarakat,”tuturnya.

Ditambahkan Yossi, dengan konteks itulah pemerintah kota Bandung berupaya menyelaraskan pembangunan sosial maupun kapital untuk menyeimbangkan masyarakatnya.

“Intinya iman dan taqwa serta ilmu teknologi garis selalu seiring sekarang agar keseimbangan Dubai akhirat terpenuhi,”ujar Yossi.

Lanjutnyanya, Maka dari itu dengan memperindah hari Idul Adha, budaya berqurban memberikan kita pelajaran bahwa sebagai manusia itu harus mampu mengorbankan pikiran, tenaga dan mungkin juga biaya untuk kemajuan masyarakat.

“Hal itu dilakukan karena kita masih membutuhkan orang orang yang mau berqurban demi berbagi dan memberikan kita pelajaran bahwa berqurban itu banyak ilmu yang didapat,”jelas Yossi.

Dirinya berharap, Idul Adha yang sekarang dilakukan selain meningkatkan kembali pentingnya berqurban, juga mampu menginspirasi kita untuk meningkatkan silaturahmi dan belajar berbagai.

“Insyaallah jika kita saling berbagi sesama manusia, maka rejeki kita pun lancar dan Allah selalu meridhoi apa yang kita lakukan,”pungkasnya.

Usai melaksanakan shalat, Sekda Kota Bandung bersama keluarga langsung menyaksikan penyembelihan hewan qurban di masjid Utsman Bin Affan.

Red**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *