Aher Instruksikan Perusahaan di Jabar Miliki Tim Olahraga

Bandung, Jurnalmedia.com –  Guna meminimalisir kecelakaan kerja karena diakibatkan oleh kurang sehatnya para pekerja.  Dalam hal ini perusahaan harus memfasilitasi sarana olahraga yang diperuntukan bagi para pekerja.

Gubernur Jawa Barat menendang Bola saat Pembukaan Liga Pekerja zona Jabar 2018.

Dikatakan  Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), fasilitas olahraga yang dimanfaatkan oleh para pekerja akan berdampak pada meningkatnya produksi dan meminimalisir kecelakaan kerja karena dampak sehat yang ditimbulkan. Perusahaan yang menerapakan aturan jam kerja hingga tiga shift membutuhkan pekerja yang sehat dan bugar.

“Saya ingin para pekerja berolahraga secara teratur. Bayangkan, ada tiga shift jam kerja kan di perusahaan bisa-bisa ngantuk bahaya kan produksi bisa berkurang dan kecelakaan kerja, salah satu agar tidak ngantuk, segar, bugar adalah berolahraga,” ucapnya.

Aher menginstruksikan kepada seluruh perusahaan di Jabar agar memiliki tim olahraga. Instruksi tersebut akan diperkuat melalui surat edaran Gubernur Jabar yang rencananya dalam waktu dekat.

“Betul saya akan buat surat edaran. Harus ada di perusahaan sarana olahraga untuk pekerja, ya minimal tenis meja lah,” ujar Aher, usai membuka kick off Liga Pekerja Zona Jabar 2018 yang digelar di stadion Arcamanik Bandung, Senin (05/03/18).

Penentuan waktu untuk berolahraga bagi para pekerja bisa dilakukan menjelang atau setelah jam rutin kerja.

“Ini penting supaya ada kegiatan lain selain pekerjaan rutin. Olahraga bisa dilakukan menjelang atau setelah kerja,” kata Aher.

Liga Pekerja

Gubernur Jawa Barat Berfoto Bersama Tim Sepak Bola Liga Pekerja zona Jabar 2018.

Pada liga pekerja zona Jabar 2018 yang digelar dari tanggal 5 sampai 15 Maret 2018 ini, diikuti oleh 11 perusahaan. Diantaranya, Bank BJB Bandung, PT Feng Tay, PT KAI Bandung, PT Pindad Persero, SPN Kota Bandung, PT Kahatex, PT Kino, PT Chang Sin, Bank BNI Bandung, PT JNE cabang Bandung dan PT Toyota Motor.

Nantinya pemenang atau tim terbaik dari liga pekerja zona Jabar ini akan kembali dipertandingkan mewakili Jabar di taraf nasional yaitu liga pekerja nasional yang masih akan digelar di tahun ini.

Pertandingan liga pekerja zona Jabar 2018 digelar di stadion Arcamanik dan stadion Pusdikpom Kota Cimahi. Pemenangnya akan mendapatkan tropi, medali dan uang pembinaan.

“Saya yakin ini akan menjadi agenda tahunan karena ini gerakan se-Indonesia kan, jadi pertama di Provinsi lalu juara-juaranya akan dipertandingkan di level nasional. Ini bagian dari menghidupkan kebersamaan, inovasi, kreasi dan kesehatan,” tutup Aher.

Dalam kesempatan itu Aher berkesempatan menyaksikan pertandingan eksibisi antara Bank BJB melawan tim dari Pemprov Jabar. Kedua tim masing-masing diperkuat oleh legenda Persib Bandung seperti Robby Darwis, Kekey Zakaria, Yudi Guntara dan Cecep Supriatna.

red/JM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *