Atasi Pengangguran, Ini yang Dilakukan Pemkot Cimahi

Cimahi, Jurnalmedia.com – Solusi untuk mengatasi masalah pengangguran di kota Cimahi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Cimahi dengan cara menggali informasi dari masyarakat untuk mengetahui potensi yang ada di masing masing wilayah dan diharapkan akan ditemukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan penggaguran.

Hal itu terungkap saat digelarnya Forum Pemecahan Permasalahan Pengangguran, yang berlangsung pada 24 sampai 26 April 2018, di gedung Local Education Centre (LEC) Jalan Permana Kecamatan Cimahi Utara.Kamis, (26/04)

Menurut Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kota Cimahi Yudi Mauludin, yang mengetahui permasalahan pengangguran adalah mereka yang berada di wilayahnya masing-masing, karenanya keterlibatan masyarakat ini diharapkan mampu menggali potensi yang ada di lingkungannya termasuk solusi yang bisa diterapkan untuk menekan angka pengangguran.

“Pengangguran itu permasalahan klasik dan menjadi masalah nasional, pengangguran juga ada disekitar kita dan yang lebih tahu adalah mereka yang berada dilingkungannya,” katanya.

Ditambahkan Yudi, dari 17 ribu jumlah pengangguran di Kota Cimahi, dengan formula yang tepat sesuai dengan kondisi dan potensi yang ada, akan menjadi solusi, sehingga angka pengangguran itu bisa ditekan. Disamping melalui sejumlah program dan kegiatan yang sudah dibuat oleh pemerintah dan Disnakertrans.

Sedangkan Lely Yulifar, salah satu narasumber yang merupakan dosen Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyebutkan, permasalahan pengangguran merupakan masalah yang terjadi hamper diseluruh wilayah di Indonesia. Karenanya harus ada upaya yang sesuai dengan kondisi yang ada di wilayah masing-masing.

“Setelah terkumpul database di Disnakertras, pemecahan pengangguran ini harus melibatkan beberapa SKPD, karena masalah pengangguran tak bisa hanya diselesikan oleh Disnakertrans saja, “ katanya.

Dalam Forum Pemecahan Permasalahan Pengangguran di Kota Cimahi, akan dilakukan dengan menentukan solusi apa yang tepat sesuai dengan permasalahan dan potensi yang ada di masing-masing wilayah, sehingga menekan angka pengangguran akan disesuaikan dengan kondisi yang ada di wilayah masing-masing.

“Dengan menggali informasi dari masyarakat, Pemerintah Kota Cimahi dalam menentukan program yang digulirkan, disesuaikan dengan kondisi wilayah masing-masing. Hal ini dilakukan dalam mewujudkan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi terpilih dalam menciptakan seribu lapangan pekerjaan,” pungkasnya.

zar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *