Dewan Dorong Kerjasama Asia Afrika

Bandung, jurnalmedia.com – Dewan Perwakilan Rakyat  (DPRD) Provinsi Jawa Barat  mendorong peningkatan kerjasama dengan negara-negara Asia Afrika dalam berbagai bidang yang bernilai ekonomi dan saling menguntungkan kedua negara. Hal itu diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jabar, Syahrir SE, saat Pengibaran Bendera Anggota Negara Konferensi Asia Afrika (KAA) di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (18/4/2018).

Menurut Syahrir, peringatan KAA merupakan proses napak tilas untuk mengingatkan sejarah di Kota Bandung. Selain itu, KAA sangat membanggakan untuk Indonesia, khususnya Jabar dengan semangat membangun kebersamaan.

“Dalam arti kemerdekaan hak segala bangsa persamaan lainnya dikembangkan bersama-sama di KAA,” ujar Syahrir.

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi negara-negara Asia Afrika sangat bagus dan respon negara-negara Asia Afrika pun menyambut pangsa pasar ekonomi dengan baik, dimana Jabar tentunya bisa mengisi peluang-peluang perekonomian yang tumbuh pesat di Afrika tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jabar, Syahrir SE, saat Pengibaran Bendera Anggota Negara Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

“Kita menginginkan ada kebersamaan dalam satu persepsi membangun satu negara yang lebih baik di bidang ekonomi kerjasama saling menguntungkan diantara sesama Asia Afrika,” ucap politisi Gerindra tersebut.

Syahrir berharap, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dapat mengembangkan kerjasama dengan memanfaatkan Kota Bandung sebagai Ibukota negara-negara Asia Afrika. Bahkan, untuk mewujudkannya Pemprov Jabar sudah melaksanakan berbagai kerjasama diantaranya dengan Sudan, Maroko dan Tunisia.

“Karena Jabar memiliki potensi yang sangat besar sebagai ibukota negara-negara Asia Afrika, seperti yang dikerjasamakan dengan Sudan mengenai peternakan dan pertanian dan Maroko bidang fesyen dan ini cukup menjanjikan. Kemudian dengan Tunisia mengenai wisata yang ditawarkan pemerintah provinsi dan memanfaatkan tawaran tersebut bisa saling menguntungkan,” tandasnya.

Direktur Jenderal Informasi Dan Diplomasi Publik, Cecep Herawan mengatakan, perkembangan hubungan ekeonomi negara-negara Asia-Afrika sangat menjanjikan salah satu yang mendasari pemerintah Republik Indonesia mengadakan Indonesia Afrika Forum di Bali baru-baru ini. Selain itu, berbagai kerjasama pun telah terjalin dengan baik dengan menawarkan kerjasama bidang teknik dan kerjasama bantuan teknik untuk negara-negara Afrika dalam mendukung kapasitas negara-negara Asia Afrika.

“Tentunya negara-negara Asia Afrika ini membutuhkan kapasitas-kapasitas yang belum dimiliki di kawasan itu dan ini merupakan peluang ekonomi yang bagus. Kehadiran Indonesia tentuya tidak hanya pemerintah tetapi juga didukung swasta dalam mewujudkan kerjasama ini,” ujar Cecep.

Sebelumnya, anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Bandung mengibarkan bendera negara-negara Asia dan Afrika pada Peringatan Konferensi Asia Afrika ke-63. Sebanyak 109 bendera plus 1 bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dikibarkan dalam peringatan tersebut dan peristiwa tersebut menandai bahwa negara-negara di Asia dan Afrika menjunjung perdamaian dan kemerdekaan bangsa serta menentang penjajahan dan kolonialisme.

man/mun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *