Tak Mendapat Kepastian, Sejumlah Calon Tenaga Kerja Laporkan PT IKS

Sukabumi, Jurnalmedia.com – Sejumlah calon tenaga kerja di Kota/ kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur melaporkan PT Investama Komando Security. Hal tersbut dilakukannya karena tidak mendapatkan kepastian untuk  bekerja dari perusahaan tersebut. Padahal, para caon tenaga kerja sudah menyetorkan uang jutaan rupiah agar bisa diterima di perusahaan itu.

Para korban melaporkan perekrut tenaga kereja ke ke Sentra Pelayanan Kepolosian (SPK) Polres Kota Sukabumi, Rabu malam (26/04).

Informasi dihimpun, mereka menyetorkan sejumlah uang mulai dari Rp1 juta hingga Rp 4 juta sebagai syarat masuk kerja kepada PT IKS.

Menurut pengakuan mediator perekrut bernama Dudi, dirinya dihubungi lewat Facebook oleh akun berna Reza Rajab, bahwa diperusahannya yang bersifat Outshorcing untuk membantu mencarikan tenaga kerja diperusahan Nike Cimangkok, Kecamatan Sukarang untuk dipekerjakan bagian Officeboy dan Cleaningservice”Kami mendapat informasi dari media sosial Facebook pada Februari lalu, bahwa ada salah satu perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Di tulisan itu tercantum alamat perusahaan yang merekrut,” kata Dudi,.

Awalnya Setiap calon pencari kerja dimintai uang sebesar Rp 1,5 Juta sampai 4 juta rupiah, dan dijanjikan akan dipekerjakan pada bulan Maret 2018. “Hingga kini (April) kami tidak menerima kabar apapun,” ujarnya.

Lama menunggu, para korban tidak kunjung menerima panggilan. Berkali-kali hal itu ditanyakan jawaban. Namu dari pihak PT IKS tidak keterangan yang pasti. Jawaban mereka selalu sama, katanya kuota yang kerja di pabrik masih belum cukup. “Saya sebagai mediator perekrut selalu ditagih sama korban, kalau tidak ada kejelasannya, saya minta dikembalikan uang kepihak yang sudah mendaftar, “jelasnya.

Setahu kami,lanjut Dudi, korban diperkirakan sekitar 70 orang, dan mungkin masih banyak yang lain. Korban ingin dokembalikan uangnya. “Sampai saat ini hal itu tidak juga terlealisasi, kami hanya ingin uang kembali,”Tandasnya.

Dari keterangan Kepolisian, Kasus dugaan penipuan tenaga kerja tersebut saat ini dalam penanganan Unit III, Satreskrim Polres Sukabumi Kota. Kasatreskrim, AKP Budi Nuryanto mengaku masih memintai keterangan.

PT. IKS, merupakan perusahan jasa perekrut tenaga kerja yang berkantor cabang di Jalan Cibatu Caringin, Rt 28, Rw 05, Desa Nagrak, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat. Sedangkan kantor pusatnya di Sukoharjo, Solo, Jawa tengah.

Iqbal/Adisty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *