Pemkot Hadirkan 6 Puskesmas Eksklusif Bagi Lansia

Bandung, Jurnalmedia.com – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2018, Kota Bandung hadirkan 6 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang memberikan pelayanan eksklusif bagi para lansia.

Keenam Puskesmas menjadi Puskesmas Santun Lansia. Tujuannya, memberikan pelayanan kesehatan kepada pra lansia dan lansia yang meliputi pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang lebih menekankan unsur proaktif.

Keenam Puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Puter, Pasirkaliki, Pagarsih, Cibuntu, Cinambo dan Puskesmas Cibiru.

Selain itu, Puskesmas ini memberikan kemudahan proses pelayanan, santun, sesuai standar pelayanan dan kerja sama dengan unsur lintas sektor. Dengan demikian maka program lansia tidak terbatas pada pelayanan kesehatan di klinik saja, tetapi juga pelayanan kesehatan luar gedung dan pemberdayaan masyarakat.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Bandung, Dadang Supriatna meresmikan Puskemas Santun Lansia di Pendopo Kota Bandung Jalan Dalem Kaum, Kamis (11/7/2018). Saat peresmian, turut mendampingi Dadang di antaranya Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Edi Marwoto.

Dadang mengatakan, Pemerintah Kota Bandung berupaya memberikan pelayanan kepada par alansia yang nyaman dan mudah. Hadirnya beberapa inovasi untuk lansia merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkot Bandung kepada warganya.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2017, Kota Bandung ini kota yang tingkat harapan hidupnya cukup tinggi yaitu 72,86 tahun,” kata Dadang.

Dadang menuturkan, terdapat beberapa program yang menjadi prioritas untuk lansia, salah satunya program layad rawat. Program tersebut memberikan pertolongan kesehatan dengan mendatangkan petugas ke rumah. Petugas dapat memberikan perawatan dan membawakan obat-obatan secara gratis.

“Kita berikan pelayanan yang baik untuk masyarakat,” tutur Dadang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita mengatakan, Puskesmas Santun Lansia akan sangat memperhatikan para lansia di wilayahnya. Lansia tidak perlu datang ke rumah sakit. Mereka cukup mendatangi Puskesmas terdekat dan memeriksakan kesehatannya.

“Enam Puskesmas hadir untuk memberikan memperhatikan yang santun kepada lansia,” kata Rita.

Mengenai pelayanan, Puskesmas Santun Lansia dilaksanakan satu bulan sekali di hari Sabtu. Waktu pelayanan tersebut juga sama seperti program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) maupun Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

“Lansia-lansia nanti kita undang untuk diperiksa di Puskesmas. Baik Posbindu maupun program Prolanis sama dilakukan setiap hari Sabtu sebulan sekali,” jelasnya.

Rita berpesan, bagi para lansia agar rutin memeriksa kesehatan di pelayanan kesehatan terdekat. Selain itu juga, menjaga asupan makanan dan tetap berolahraga.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *