HJKB ke 208, Ini yang dilakukan Oded-Yana

Banung, Jurnalmedia.com – Wali Kota Bandung, Oded M Danial dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berziarah ke makam para leluhur pendiri Kota Bandung, Senin (24/9/2018). Ziarah ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kota ke-208 Kota Bandung pada 25 September.

Ziarah ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada jasa dan perjuangan para pendiri Kota Bandung. Ada empat lokasi yang menjadi pusat makam leluhur Bandung, yakni di Jalan Dalem Kaum, Jalan Karang Anyar, Dayeuh Kolot Kab. Bandung, dan Kabupaten Garut.

Oded beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memulai ziarah dari Pendopo Kota Bandung Jalan Dalem Kaum. Mereka berjalan kaki melewati Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat menuju Makam Dalem Kaum di Jalan Dalem Kaum.

Di sana terbaring jasad Bupati Bandung ke VI (1794-1829), Rd. Adipati Wiranatakusumah II, atau yang lebih dikenal dengan julukan Dalem Kaum selaku pendiri Kota Bandung.

“Hari ini kita berada di lingkungan pemakaman pemimpin terdahulu (pendiri Bandung). Saya mengajak untuk mendoakan mereka. Insya Allah, Alahuma Firlahu Warhamhu Wa’afihi Wafuanhu. Semoga arwah pahlawan leluhur kita diberikan kemudahan di alam kuburnya. Amin,” kata Oded.

Saat ziarah, Oded juga mengingatkan agar selalu menjadi orang yang soleh dan solehah.

“Allah yang telah menciptakan, menghidupkan dan mematikan manusia, itu sudah ada takdirnya. Maka dari itu bukan hanya ziarah, tapi jadikan ini momentum semangat untuk mengingat agar kita tetap beriman kepada Allah SWT,” tuturnya.

Ia pun lantas memanjatkan doa untuk arwah para leluhur dilanjutkan dengan tabur bunga. Usai melaksanakan tabur bunga, Oded dan Yana menyerahkan bantuan sembako kepada para penjaga makam.

Rombongan ziarah lantas melanjutkan perjalanan menuju situs Makam Para Bupati Bandung di Jalan Karang Anyar, tidak jauh dari lokasi pertama. Oded dan Yana juga berdoa dan menaburkan bunga di tempat tersebut.

Di lokasi kedua ini merupakan makam Bupati Bandung pertama, Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641-1709). Di sini pula terbaring jasad Pahlawan Nasional, Rd. Dewi Sartika.

Sementara itu, untuk di Dayeuh Kolot merupakan tempat pemakaman Bupati Bandung kedua, Rd. Ardikusumah dan Rd. Tumenggung Anggadireja I dimakamkan. Rd. Ardikusumah lebih dikenal dengan nama Demang Timbanganten, sedangkan Rd Tumenggung Anggadireja I diberi julukan Dalem Gordah.

Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) diperingati tanggal 25 September. Di tanggal tersebut, 208 tahun lalu, adalah penetapan berpindahnya ibu kota Bandung dari Dayeuh Kolot ke Alun-Alun Bandung yang sekarang oleh pemerintahan Hindia Belanda.

Memperingati peristiwa tersebut, Kota Bandung setiap tahun menggelar berbagai acara yang meriah dengan berbagai kegiatan festival.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *