Kasad : Piala Panglima TNI 2018 Ajang Unjuk Prestasi dan Momen Tingkatkan Soliditas

Jakarta, Jurnalmedia.com – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, memimpin upacara laporan kontingen TNI AD dalam rangka mengikuti Kejuaraan Piala Panglima TNI tahun 2018 di Aula A.H. Nasution, Mabesad Jakarta Pusat, Senin (17/9).

Dari keterangan pers yang diterima jurnalmedia.com, sebanyak 240 personel Kontingen TNI AD, yang terdiri dari 186 atlet, 37 ofisial, dan 17 orang pendukung tersebut akan berkompetisi pada gelaran Piala Panglima TNI 2018 yang merupakan ajang rutin tahunan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun TNI, sebagai ajang puncak pembinaan olahraga tertinggi di jajaran TNI dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI.

Upacara laporan dan pelepasan Kontingen TNI AD yang akan berlaga pada Piala Panglima TNI ini juga dihadiri oleh Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Pangkostrad Letjen TNI Andika Perkasa, Irjenad Mayjen TNI Johny L. Tobing, para asisten Kasad, Kadispenad Brigjen TNI Candra Wijaya dan para Kabalakpus TNI AD.

Para atlet tersebut akan bertanding pada dua event perlombaan yaitu Pertandingan Olahraga (POR) Piala Panglima TNI yang akan diselenggarakan 18 sampai 28 September, meliputi tiga cabang olahraga yaitu sepak bola, bola voli, dan tenis lapangan. Serta Kejuaraan Nasional Karate Piala Panglima TNI yang akan diselenggarakan pada 21 – 23 September 2018 dengan mempertandingkan kelas kata dan kumite, baik perorangan maupun beregu untuk putra dan putri.

Kasad mengungkapkan, Piala Panglima TNI merupakan parameter keberhasilan pembinaan olah raga di tiap Angkatan sebagai wujud komitmen TNI untuk membentuk prajurit-prajurit profesional yang memiliki fisik prima yang dilandasi sportivitas yang tinggi.

“Melalui event ini diharapkan akan muncul bibit-bibit atlet yang potensial sebagai wakil-wakil TNI di event olahraga tingkat nasional, regional bahkan dunia,” ungkapnya.

Menurutnya, harapan tersebut sejalan dengan prestasi yang telah diukir atlet-atlet TNI AD. Dalam pesta olah raga Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang yang lalu, TNI AD telah menunjukkan perannya dalam memajukan olah raga nasional dengan turut menyumbangkan medali.

“ Jaga komitmen sportivitas dan pertahankan prestasi sebagai juara umum dan raih kembali Piala Bergilir Panglima TNI, sebagaimana yang sudah kita lakukan dengan konsisten selama 13 kali berturut-turut pada event yang sama, “ harap Kasad.

Disampaikan Kasad dihadapan para atlet TNI AD yang akan berlaga di Piala Panglima TNI, medali emas dari cabang karate yang dipersembahkan oleh Serda Rifki Ardiansyah Arrosyid merupakan salah satu contoh dari hasil kerja keras dan ketekunan bertahun-tahun yang berbuah manis.

“ Saya berharap pencapaian tersebut dapat menjadi motivasi tersendiri bagi saudara untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dalam pertandingan nanti, “ tegas Kasad

Pada ajang olah raga bergengsi tingkat TNI tersebut, TNI AD telah 13 kali sebagai juara umum berturut-turut dan mampu mempertahankan Piala Bergilir Panglima TNI. Pada ppenyelenggarakan Piala Panglima TNI tahun 2017 yang lalu, dari 10 medali emas yang diperebutkan, kontingen TNI AD meraih 8 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Kasad mengingatkan bahwa Piala Panglima TNI bukanlah semata-mata mengenai kompetisi belaka. Ajang ini juga bertujuan untuk mempererat ikatan batin dan persaudaraan dengan para prajurit dari matra lain.

“Manfaatkanlah momen kejuaraan ini untuk meningkatkan soliditas dan memupuk rasa saling percaya serta saling menghargai antara sesama patriot bangsa, “ tutup Kasad.

Red/Dispenad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *