Bantu Warga, Kecamatan Bandung Kulon Luncurkan Gentong Sarebu

Bandung, Jurnalmedia.com – Sebagai upaya mengentaskan kemiskinan, Kecamatan Bandung Kulon meluncurkan Program Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) – Gerakan Kantong Seribu (Gentong Sarebu).

sebelumnya, program tersebut telah diresmikan oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial di Sekolah Citra Cemara, Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung, pada Jumat (26/10/2018) lalu.

Pelaksana Tugas Camat Bandung Kulon, Asmarahadi menjelaskan, Gentong Sarebu merupakan gerakan mengumpulkan donasi dari para ASN, pengusaha, dan warga yang mampu. Ada tim yang dibentuk mengumpulkan donasi dari tiap kelurahan. Selanjutnya, tim akan menyalurkan ke warga tak mampu.

“Gentong Sarebu, intinya kita menggerakan, masyarakat untuk berdonasi. Warga bebas mau memberinya berapa, yang penting ikhlas,” ujarnya pada Kegiatan Bandung Menjawab, di Balai Kota Bandung, Selasa (30/10/2018).

Sebagai penggerak, seluruh ASN di Kecamatan Bandung Kulon menyisihkan sebagian hartanya untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Alhamdulillah setelah menggerakkan ASN. Selanjut kita libatkan kepala sekolah, guru, pegawai Puskesmas dan instansi pemerintah yang terdapat di Bandung Kulon. Kita ajak untuk berpartisipasi,” jelas Asmarahadi.

Ia mengungkapkan, program ini telah sebenarnya berjalan 3 bulan. Selama itu telah terkumpul dana sebesar Rp18 juta.

Ia berharap, program ini bisa menolong masyarakat bagi yang membutuhkan.

“Dari 150. 000 penduduk, 18 persennya dinyatakan miskin. Nah kita usahakan dengan program ini bisa membantu mereka yang membutuhkan,” tuturnya.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *