Pemkot Bandung Terus Tingkatkan Kesejahteraan Lansia

Bandung, Jurnalmedia.com – Kota Bandung terus berusaha meningkatkan kesejahteraan lansia. Setelah menghadirkan fasilitas, kini Pemerintah Kota Bandung berencana menghadirkan kawasan ramah lansia.

Rencana aksi daerah kawasan ramah lansia di Kota Bandung yaitu memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para lansia. Di antaranya, memiliki kebijakan kelanjutusiaan, keagamaan dan mental spiritual, kesehatan, kesempatan kerja, kemudahan dalam penggunaan fasilitas sarana dan prasarana umum, trsanportasi inklusi sosial, partisipasi sosial dan sebagainya.

Saat ini, lansia di Bandung berjumlah sekitar 264.000 jiwa dari total penduduk Kota Bandung sejumlah 2,4 juta jiwa.

“Usia boleh tua tapi semangat harus muda. Semangat yang muda dan tak terbatas yang menginspisari kaum muda dalam pembangunan,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat membuka Acara Sosialisasi Rencana Aksi Daerah Kawasan Ramah Lanjut Usia di Kota Bandung 2018, di Hotel Mercure Nexa Jalan Supratman Kota Bandung, Selasa (16/10/2018).

Yana mengungkapkan, lansia sebagai sumber daya mausia yang wajib diberdayakan. Hal tersebut penting, karena lasia masih memiliki semangat untuk beraktivitas.

Untuk itu, Yana yang juga sebagai Ketua Komisi Daerah Lansia Kota Bandung mengajak agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk terus bersinergi memberikan perhatian yang lebih untuk lansia.

“Mari ciptakan lansia yang mandiri dan sejahtera dan tentunya infrastruktur pendukung untuk lansia yang baik,” kata Yana.

Ia pun terus mendorong agar lansia Kota Bandung bahagia lahir maupun batin. Menurut Yana, hanya dengan menemani orang tua atau lansia mengobrol saja, itu sudah cukup.

“Kita temani lansia. Ketika ngobrol sambil duduk santai. Itu sudah cukup bagi mereka,” tutur Yana.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Perlindungan Masyarakat Kota Bandung, Dedi Supandi mengatakan, rencana aksi tersebut dalam rangka mengkoordinasikan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sejumlah pihak yang tergabung dalam Komisi Daerah Lansia. Tujuannya, memberikan pelayanan agar lansia di Kota Bandung bisa semakin sehat dan sejahtera.

“Kita terus berupaya mewujudkan lansia yang sejahtera,” katanya.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *