Walikota Bandung Kukuhkan 7 Siswa Jadi Duta Kang Pisman

Bandung, Jurnalmedia.com – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengukuhkan tujuh orang siswa sebagai Duta Gerakan Kumpulkan, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah (Kang Pisman). Duta ini nantinya akan mengajak teman-temannya untuk melakukan Kang Pisman.

Dengan pengukuhan ini, Oded berharap, setiap sekolah di Kota Bandung memiliki duta Kang Pisman.

“Keberadaan duta dalam sebuah kampanye program sangatlah penting. Seorang duta memiliki tugas mengedukasi orang lain mengenai program yang dijalankan. Khususnya bagi seluruh sekolah di Kota Bandung, harus punya duta Kang Pisman,” tutur Oded saat menjadi inspektur upacara Deklarasi Kesadaran Hukum Hak Asasi Manusia (HAM) dan Gerakan Kang Pisman SMA/SMK/MA se-Kota Bandung di SMKN 6 Kota Bandung, Senin (29/10/2018).

“Syarat menjadi seorang duta Kang Pisman, ia harus memiliki kepedulian terhadap program tersebut. Dia juga harus memiliki sikap moral yang baik, jujur dan berintegritas. Terpenting seorang duta harus memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi,” ucap Mang Oded sapaan Oded M. Danial.

Sebagai salah satu program 100 hari kerja pasangan Oded M. Danial dan Yana Mulyana, program Kang Pisman tidak hanya untuk kepada kalangan tertentu. Gerakan ini harus menyasar seluruh kalangan di Kota Bandung, termasuk pelajar dan anak muda.

“Penobatan duta Kang Pisman kepada pelajar merupakan kelanjutan dari gerakan Kang Pisman yang sudah diluncurkan di Kota Bandung beberapa waktu lalu,” tuturnya.

Menurut Oded, dengan adanya duta Kang Pisman di setiap sekolah akan meningkatkan semangat gotong royong generasi muda menjaga lingkungan dan kebersihan di Kota Bandung.

“Dengan adanya duta tingkat pelajar ini, gaung gerakan Kang Pisman akan lebih terdengar lagi. Lebih merasuk ke dalam sanubari siswa. Sehingga menjadi kebiasaan sehari-hari,” imbuh pria kelahiran Tasikmalaya tersebut.

Mang Oded berharap, para duta dan forum pelajar yang peduli lingkungan dapat menjalankan perannya dengan sebaik-baiknya. Sehingga dapat menghasilkan generasi muda yang baik secara moral maupun akhlak.

“Semoga dari deklarasi hari ini akan terlahir duta-duta kebaikan yang lainnya. Sehingga semakin banyak kebaikan yang tersebar, semakin cepat pesan luhur yang tersampaikan. Ujungnya, gerakan sadar kebersihan lingkungan ini dapat berjalan sukses,” tuturnya.

Seusai melaksanakan upacara, Oded M. Danial didampingi Kepala Kanwilhukam Jawa Barat, Ibnu Chuldun, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi, Camat Gedebage, Bambang Sukardi dan Kepala Sekolah SMKN 6, Lukman berkesempatan untuk melihat beberapa pengelolaan sampah yang dilaksanakan di SMKN 6. Pengelolaan sampah di sana di antaranya, bank sampah, biodigester, pengelolaan sampah menjadi pupuk dan penghancur sampah kering.

red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *