Yana: Pemkot Bandung Siap Berkolaborasi dan Berbagi Inovasi

Bandung, Jurnalmedia.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan terus berkolaborasi dan berbagi inovasi dengan daerah lain. Hal ini agar dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di kotanya masing-masing.

“Kami akan terus saling share (berbagi, red) informasi terkait pembangunan dengan kota lain. Kita juga akan terus berinovasi sehingga bisa menjadi manfaat juga bagi kota lain,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Komwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Hotel Grand Metro Tasikmalaya, Minggu (14/10/2018).

Perlu diketahui, sebanyak 24 kota di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah hadir di raker yang berlangsung sejak Sabtu (13/10/2018). Raker ini dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Yana ini, pemerintah kota memang tidak bisa menyelesaikan masalah di wilayahnya sendirian. Pemerintah harus bekerja sama dengan pemerintah daerah lain agar masalah bisa terselesaikan dengan tuntas.

“Lewat acara ini, selain membahas kerja sama kita juga mendiskusikan permasalahan yang muncul di masing-masing wilayahnya. Harapannya, setiap kota dapat saling membantu satu sama lain,” tutur Kang Yana.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Apeksi adalah alat perjuangan anggotanya untuk membangun wilayahnya. Apeksi juga menjadi wadah bertukar pikiran dan masukan para kepala daerah.

“Permasalahan di daerah seperti tenaga kerja, ekonomi, kesehatan adalah hal yang banyak ditemui. Harapannya dengan Apeksi ini bisa saling tukar pengalaman dan solusi,” katanya.

Sedangkan Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Airin Rachmi Diany mengatakan, forum Apeksi ini menjadi wadah aspirasi tiap pemerintah kota. Asprasi yang ada akan disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Airin juga menambahkan, Raker Apeksi menjadi wadah berbagi informasi dan saling membantu penyelesaian masalah.

“Forum Konwil III Apeksi ini menjadi wadah untuk bertukar informasi sesama anggota Apeksi. Sehingga hubungan dan kerjasama dari satu kota ke kota lain akan selalu terjaga dengan baik,” ujar Airin.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *