Balap dan BKPP Kota Bandung Raih Penghargaan

Bandung, Jurnalmedia.com – Dua perangkat daerah Pemerintah Kota Bandung meraih penghargaan prestisius di bidangnya masing-masing. Keduanya adalah Badan Layanan Pengadaan (Balap) yang memborong tiga penghargaan sekaligus serta Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) yang meraih dua penghargaan.

Kepala Balap Kota Bandung, Dharmawan mengungkapkan, pihaknya menerima penghargaan atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam National Procurement Award 2018 saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang dan Jasa di Sabuga Center ITB pada Selasa (30/10/2018) lalu.

Penghargaan tersebut yaitu UKPBJ (Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa) kriteria sebagai pusat unggulan atau center of excellence, penerapan sistem LPSE dengan 17 standarnya, serta terproaktif dalam pengelolaan kelembagaan dan pengelolaan tata barang jasa.

“Ini semua atas dukungan dan bimbingan pimpinan serta kepercayaan seluruh perangkat daerah. Semoga ke depan lebih baik lagi meningkatkan layanan pengadaan,” ungkapnya saat ditemui selepas rapat koordinasi peningkatan pemahaman Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) di Hotel Puteri Gunung, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (1/11/2018).

Namun raihan penghargaan itu tidak membuat Balap Kota Bandung berpuas diri. Dharmawan mengaku, akan terus berupaya untuk berinovasi lagi. Rencananya, pertengahan atau akhir November ini akan melalukan diseminasi sekaligus ekspo terkait “open contracting” untuk pengadaan yang sifatnya “non tendering”.

“Alhamdulillah kita sudah punya Bandung Integrated Resources Management System (BIRMS). Ekspo tersebut bertujuan untuk memperkenalkan konsep open contracting data standar dalam format the new BIRMS. Mudah-mudahan ke depan bisa menghasilkan data analitik yang bisa menjadi bahan untuk membuat keputusan bagi pimpinan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BKPP Kota Bandung Yayan A. Brillyana menyebutkan, pihaknya memperoleh dua penghargaan tingkat Provinsi Jawa Barat yakni manajemen karir dan inovasi untuk klaster I. Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa dalam BKD Award 2018 di Gedung Sate, Rabu (31/10/2018) malam.

“Raihan ini merupakan hasil dari sebuah proses pengelolaan administrasi kepegawaian oleh kepemimpinan sebelumnya. Dan hasilnya dipetik sekarang. Penghargaan ini bukanlah tujuan melainkan motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepegawaian di Kota Bandung,” paparnya.

Penghargaan BKD Award, kata Yayan, akan direplikasi untuk memberikan apresiasi kepada pegawai maupun perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bandung. Rencananya akan mulai diimplementasikan mulai tahun depan.

“Konsepnya akan dikloning sesuai kategori yang sama. Karena tidak ada anggaran, kami akan berkolaborasi dengan sponsor untuk memberikan apresiasi bagi personal pegawai yang disiplin inovatif dan menjalankan fungsi kepegawaian dengan baik serta dan perangkat daerahnya. Karena keduanya merupakan bagian terpenting pengelolaan kepegawaian,” jelasnya.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *