Generasi Muda Harus Bisa Manfaatkan Teknologi Digitalisasi

Bandung, Jurnalmedia.com – Perkembang teknologi banyak berdampak pada sosial dan ekonomi di masyarakat tak sedikit mempengaruhi bidang usaha dengan banyaknya bermunculan usaha melaui digitalisasi dan saat ini Kemenkominfo mendorong tumbuhnya perusahaan rintisan atau yang sering di sebut dengan star up. Hal tersebut dikatakan Dirjen lnformasi Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan lnformatika RI, Rosarita Niken Widiastuti dalam diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 bertema ‘Membangun Indonesia Mensejahterakan Jawa Barat’ di hotel De Pavilijoen Bandung, Kamis, (29/11/18).

“Banyak usaha yang hilang tapi banyak usaha di bidang yang memanfaatkan bidang dihitalisasi bermunculan. Tak ayal banyak generasi mkuda yang bisa memanfaatkannya sehingga bisa menjadikan era digitalisasi ini menjadi sumber penghasilan,” kata  Niken

Menurutnya, banyak usaha layanan kursus yang dapat di manfaatkan di bidang digital. Untuk menuju level usaha yang lebih tinggi, butuh proses panjang. Kominfo akan meberikan pelatihan atau bimbingan teknis (Bintek).

“Peserta bintek dari seluruh Indonesia kerang lebih 40.000 orang yang mengikuti pembelakan keahlian dasar, namun sampai ketahapan inkubasi hanya tinggal 200 orang saja, tidak semudah itu untuk membuat star Up dari awal sampai jadi,” jelasnya.

Disisi lain salah seorang narasumber yang juga pelaku media Reva Riana mengatakan, dengan adanya teknologi seperti sekarang ini dapat membuat pekerjaan banyak yang hilang, akan tetapi tak sedikit pekrjaan baru dengan memanfaatkan teknologi banyak pula bermunculan.

“Tiga atau empat tahun yang lalu, siapa yang mengenal Ria Ricis dan apa pekrjaannya, kini dengan teknologi dia (Ria) bisa menghasilkan uang ratusan juta hingga miliar perbulannya,” ucap Reva.

Dia juga mencontohkan, penulis Raditya Dika, seorang blogger yang kemudian bertransformasi menjadi komedian, bintang film dan sutradara. Kemampuan menulisnya juga jauh lebih baik dari teman-teman disini, namun dia mampu memanfaatkan peluang.

Selain itu untuk membangun Indonesia dan Mensejahterakan Jawa Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyakakat dan Desa, Agus Hanafi mengatakan bahwa dengan teknologi segala sesuatu bisa diwujudkan, tapi jangan lupa untuk membangun Jawa Barat harus dimulai dari Desa karena Desa di Jabar punya potensi untuk bisa meningkatkan kesejahteraan bagi warga masyarakat jabar sendiri.

“Intinya seluruh desa yang ada di Jawa Barat harus bisa melakukan kolaborasi dan mulai berinovasi, agar pembangunan dan kesejahteraan masyarakat bisa tercapai,” ungkapnya.

Tandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *