ICSB 2018, Kota Bandung Boyong Dua Penghargaan

Bandung, Jurnamedia.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima dua penghargaan International Council for Small Business (ICSB) City Award 2018, pada acara penganugerahan ICSB Award 2018 sekaligus Gebyar UKM ke-3 di Grha Widya Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (15/11/2018). Dua penghargaan tersebut yaitu Natamukti dan Natamukti Nindya Ganapravara.

Penghargaan Natamukti diberikan kepada kota dan/atau kabupaten yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

Sedangkan penghargaan Natamukti Nindya diberikan kepada kota dan/atau kabupaten yang terbaik dalam meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan, baik di tingkat nasional bahkan internasional.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), A.A.G.N Puspayoga menyerahkan langsung penghargaan ini kepada Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Usai menerima penghargaan, Oded mengaku sangat bersyukur. Pasalnya, upaya Pemkot Bandung membina UMKM diapresiasi oleh pihak lain. Hal ini menjadi spirit bagi Pemkot Bandung untuk lebih meningkatkan pembinaan terhadap UMKM di Kota Bandung.

“Pemkot Bandung harus terus mendorong dan membina UMKM. Penghargaan ini menjadi spiritnya,” kata Oded.

“Kita akan terus berusaha agar UMKM di Kota Bandung terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya. Sehingga UMKM bisa semakin mandiri,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, Priana Wirasaputra mengungkapkan, Pemkot Bandung sebenarnya telah beberapa kali menerima penghargaan ini. Namun melalui penghargaan tahun ini, semakin mempertebal tekad Pemkot Bandung untuk terus membina UMKM di Kota Bandung.

“Tahun lalu kita juga menerima penghargaan yang sama,” kata Priana.

Priana mengungkapkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik terdapat 330 ribu UMKM di Kota Bandung. Namun dari jumlah tersebut, baru sekitar 600 UMKM yang terbina oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung.

“Tentu kita akan terus berusaha untuk meningkatkan pembinaan kepada UMKM. Itu sesuai dengan arahan pimpinan,” tutur Priana.

Selama ini, terang Priana, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung telah melakukan berbagai hal. Pertama, peningkatan kapasitas sumber daya manusia UMKM melalui pendidikan dan latihan serta bimbingan teknis wirausaha baru.

Selain itu, pihaknya juga telah memfasilitasi para pelaku UMKM dari sisi pembiayaan.

“Kita juga membantu promosi dan pemasaran produk-produk UMKM Kota Bandung. Salah satunya memasarkan melalui Little Bandung. Di tingkat lokal, kita telah membuka Little Bandung di Kota Makassar,” terang Priana.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *