Walikota yakin Kota Bandung Bisa Raih WTP

Bandung, Jurnalmedia.com Wali Kota Bandung, Oded M. Danial optimis Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meraih penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di tahun 2019 mendatang.

“Insya Allah tahun depan kita WTP,” kata Oded di Pendopo Kota Bandung Jalan Dalem Kaum, Kamis (1/11/2018).

Optimisme tersebut muncul setelah terjadi banyak perbaikan oleh Pemkot Bandung. Salah satunya masalah aset yang membuat Pemkot Bandung baru menerima penilaian Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Oded mengungkapkan, dari sebanyak 11 ribu persil yang dinilai bermasalah, kini telah banyak terselesaikan. Hal itu karena, Pemkot Bandung selalu meminta supervisi dari BPK untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Insya Allah di era saya dengan Kang Yana (Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana) bisa meraih WTP. Karena kita sudah mendapatkan ‘clue’-nya,” tutur Oded.

Namun untuk meraih penilaian WTP, Oded meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkot Bandung bersungguh-sungguh bekerja.

“Kalau pun belum tercapai, kita tak pernah sungkan-sungkan meminta supervisi. Karena mereka pun senang jika kita meminta hal tersebut,” ujarnya.

Menurut Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Jawa Barat, opini WTP berdasarkan empat unsur. Keempat unsur tersebut yaitu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) telah disajikan secara wajar dan aspek material sesuai standar akuntansi pemerintahan (SAP) dan terlaksananya sistem pengendalian internal yang efektif.

Sedangkan dua aspek lainnya yaitu laporan keuangan pemerintah daerah/pemerintah pusat telah diungkap secara memadai dan telah terpenuhinya seluruh ketentuan sesuai undang-undang yang berlaku.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *