oleh

Seleksi CPNS Kota Bandung Masuki Babak Akhir

Bandung, Jurnalmedia.com – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Bandung telah memasuki babak akhir yakni tahap pemberkasan. Sebanyak 786 orang peserta lulus hingga tahap ini.

Mereka berhasil terpilih dari 19.169 orang yang melamar pada tahap awal yang digelar sejak 26 September 2018 lalu.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung, Yayan Ahmad Brillyana mengemukakan, jumlah formasi pada Seleksi CPNS Kota Bandung adalah sebanyak 790 formasi. Namun demikian, terdapat empat formasi yang tidak terisi hingga tahap pemberkasan.

“Ada empat formasi yang tidak terisi berasal dari formasi tenaga honorer kategori II yang secara aturan ketika formasi tersebut kosong atau ada yang tidak lulus. Formasi kosong tersebut tidak bisa diisi dari jenis formasi lain,” ungkapnya di Balaikota Bandung, Rabu (9/1/2019).

Lebih lanjut Yayan menjelaskan, sebenarnya dari sisi jumlah peserta yang lulus belum cukup memenuhi kebutuhan PNS di Kota Bandung. Meskipun begitu, setidaknya dengan jumlah 786 formasi yang lulus tersebut dapat mengisi kekosongan sejumlah pegawai yang pensiun pada tahun 2018 lalu.

“Dari sisi kompetensi sudah sesuai harapan. Dengan pola seleksi termasuk kompetensi bidang di dalamnya yang telah dilalui peserta diharapkan Pemkot Bandung mendapatkan pegawai yang benar-benar berkualitas,” tuturnya.

Sebelum sah menjadi CPNS, para peserta masih harus melalui tahapan pemberkasan yang akan berlangsung dari 14 hingga 24 Januari 2019 mendatang. Yayan mengatakan, pihaknya berusaha memudahkan para pelamar selama proses pemberkasan dengan tetap mengacu pada Peraturan Pemerinta nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Kepala BKN.

“Kami mengimbau para peserta memperhatikan syarat pemberkasan secara seksama. Perhatikan juga jadwal rentang waktu pemberkasannya. Selain itu, tetap memonitor situs resmi dan akun media BKPP kota bandung (www.bkpp.bandung.go.id & @bkppkotabandung) untuk pengumuman dan informasi penting lainnya,” himbaunya.

Yayan juga mengingatkan, para peserta tidak tergoda rayuan ‘calo’. Pasalnya, sistem seleksi saat ini yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga tidak lagi rentan manipulasi.

“Jangan percaya tawaran para ‘calo’ CPNS. Kami menjamin tidak akan ada kecurangan dalam penentuan kelulusan para peserta seleksi CPNS Kota Bandung tahun ini,” tegasnya.

Red

Komentar

Berita Lainnya