oleh

Dansektor 19 Sosialisasikan Program Citarum Harum Kepada Masyarakat

Karawang, Jurnalmedia.com –  Dansektor 19 Citarum Harum Kolonel Inf Agus Hari sosialisasikan program Citarum Harum kepada masyarakat Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang.

Pada kesempatan tersebut Dansektor 19 menyampaikan program Citarum Harum diantaranya, Program Citarum Harum merupakan program Pemerintah Pusat berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 15 tahun 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

“Sungai Citarum yang panjangnya lebih kurang 300 km dari hulu Citarum di Cisanti tersebut mengairi ribuan hektar sawah dan menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat, kita sangat prihatin melihat kondisi DAS Citarum sekarang, banyak warga yang menggunakan air tidak memperhatikan kebersihannya, ” kata Dansektor di Aula Kecamatan Batujaya Karawang, Selasa (18/6).

“Bayangkan, kita melihat masyarakat membuang sampah dan kotoran kedalam sungai padahal sungai tersebut digunakan warga untuk mandi, cuci pakaian, ” sambungnya.

Dansektormengajak masyarakat untuk merubah perilaku, kebiasaan yang kurang baik menjadi baik, diantaranya yang biasanya buang air di sungai kini di buang ke jamban umum dan apat dimanfaatkan oleh warga.

” Merubah kebiasaan lama tidaklah mudah dan butuh waktu dan perjuangan. Melalui program Citarum Harum ini dan atas kerjasama seluruh komponen masyarakat serta tekad yang kuat hal tersebut bisa terwujud yang penting ada kemauan dari masyarakat, ” terang Dansektor.

“Dengan diadakannya sosialisasi ini juga untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa diwilayah ini ada Satgas Citarum Harum Sektor 19 yang personilnya tersebar dibeberapa daerah atau desa. Mereka bekerja bersama-sama dengan masyarakat untuk merevitalisasi Sungai Citarum, ” ulas Dansektor.

Satgas Citarum berpayung hukum Perpres RI, selaku Dansatgas Citarum Harum adalah Gubernur Jabar H.M. Ridwan Kamil, Wadan Satgas Citarum Harum bidang revitalisasi Sungai Citarum adalah Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono sedangkan bidang hukum Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Danramil, Kapolsek, Aparatur Kecamatan, Aparatur Desa dan sekitar 100 orang tokoh masyarakat setempat.

Tan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya