oleh

Awasi Pelaksanaan PPDB 2020, Tim Saber Pungli Jabar Patroli Wilayah

BANDUNG, jurnalmedia.com,— Awasi pelaksanaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Jawa Barat Tahun 2020, Tim Saber Pungli Jabar melakukan patroli ke sejumlah wilayah untuk memastikan tak ada praktik pungutan liar (pungli) selama proses penerimaan. Pemantauan ini dilaksanakan bersama dengan anggota dari Komisi V DPRD Jabar.

“Kita berkeliling wilayah untuk menyosialisasikan, jadi begini di dalam penelitian dan kita pernah melakukan FGD, ada 30 jenis pemungutan yang berpotensi pungli, salah satunya PPDB ini,” kata Sekretaris II Tim Saber Pungli Jabar A Rusman di Bandung, Selasa (16/4/2020).

Adapun pengawasan yang dilakukan diantaranya mengawasi calon siswa pada empat jalur pendaftar yang tersedia, baik melalui jalur afirmasi, zonasi, prestasi dan perpindahan orang tua. “Kemarin kita dari Tasikmalaya, Purwakarta, kemudian Karawang,” ujarnya.

Baca Juga  Kuliah via Online Ditengah Pandemi, Asmawati: Mahasiswa Harus Peduli Lingkungan Sekitar

Pihaknya memastikan dalam PPDB Jabar 2020 ini tidak ada lagi praktik calon siswa titipan. “Tentunya kita nilai dari Saber Pungli, kita lihat apakah perbuatannya melawan pidana atau disiplin tenaga negeri,” ungkap Rusman.

Terkait penindakan, lanjut Rusman, bila terdapat temuan kasus yang menjurus pungli, pihaknya akan segera bergerak. Kalau terindikasi kuat melakukan pungli dalam operasi tangkap tangan (OTT), pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum (APH) yang berwenang. (*)

Komentar

Berita Lainnya