oleh

Eki: Pemerintah Harus Bisa Rangkul Unsur Penthahelix

-Bandung, Ragam-488 views

Bandung, Jurnalmedia.com  – Pemerintah sebagai unsur penahelix diharapkan mau dan mampu merangkul segenap unsur pentahelix lainnya bukan sebagai subordinasi dan obyek semata melainkan sebagai mitra kreatif dan konstruktif demi tercapainya visi dan misi dari semua unsur yang ada.

Hal tersebut disampaikan Ketua Citarum Institute, Dr. Eki Baihaki MSi saat seminar Nasional dan Bedah Buku “Kembalikan Citarum Harum Kembali” hasil telisik Joko Irianto Hamid dan Esa Tjatur Setiawan dengan tebal buku 380 halaman, di Grand Asrilia, Jum’at (22/2/19).

Dr. Eki mempertegas, perlu sikap proaktif dan komitmen dari segmentasi lainnya, akademisi, komunitas, bisnis dan media bagi terwujudnya sinergitas pentahelix bagi kepentingan bangsa dan negara.

“Dari unsur pemerintah diharapkan memiliki komitmen dan kebijakan yang kuat dalam merawat alam dan mitigasi bencana. Di dalamnya termasuk perlu ketegasan dalam menerapkan regulasi yang adil bagi semua, selain itu perlu kebijakan yang merangkum harapan bagi kepentingan yang lebih besar,” ucap Eki.

Bagi unsur akademisi dengan kepakarannya diharapkan dapat memberi terobosan-terobosan yang inovatif, kajian yang aplikatif termasuk turut terlibat dalam komitmen merawat alam dan mitigasi bencana serta menguatkan bagian dari kekuatan kritis yang konstruktif.

Eki juga menyebutkan unsur pelaku bisnis terutama bisnis yang berdampak pada pencemaran lingkungan perlu didorong agar mau menjalankan  bisnis industri bersih, berkomitmen menjaga alam supaya tetap lestari dan kesadaran mendukung program mitigasi bencana.

” Saya berharap dalam kegiatan ini mampu menebar virus bela negara bidang lingkungan melalui informasi dan edukasi termasuk dalam membangun kesadaran akan mitigasi bencana serta menjadi bagian dari kekuatan kritis  yang konstruktif,” tegasnya.

Sedangkan kepada unsur komunitas  menurutnya, unsur ini yang hadir di tengah masyarakat hendaklah memiliki peran penting untuk turut menebar virus bela negara bidang lingkungan dan menjadi bagian dari kekuatan kritis yang konstruktif untuk menyuarakan kepentingan masyarakat.

Dalam seminar itu tampil tiga orang pembicara masing-masing Ketua BNPB Letjen TNI Doni Monardo penggagas Citarum Harum setahun yang lalu saat menjadi Pangdam III/Siliwangi, Deputy 4 Kemenko Maritim Dr.Ir.Safri Burhanuddin DEA dan Gubernur Jawa Barat Moch. Ridwan Kamil, ST, MUD.

Tan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya