oleh

GMC dan Peringati 15 Tahun Tsunami Aceh di Pusatkan di Masjid Baiturrahman Simeulue

-Lintas-346 views

Simeulue, jurnalmedia.com – Peringatan 15 tahun tsunami Aceh sekaligus observasi gerhana matahari cincin (GMC) Di halaman mesjid Baiturrahman kabupaten Simeulue yang turut hadir dari pemerintah kabupaten Simeulue dan juga dari Kanwil Kemenag provinsi Aceh. Kamis (26/12/2019).

Ribuan masyarakat yang ada di kabupaten Simeulue dari berbagai desa yang ada di Simeulue menyaksikan gerhana matahari cincin (GMC) Di halaman mesjid Baiturrahman atau di lokasi Observasi sekaligus shalat gerhana matahari cincin atau disebut dengan shalat Kusuf dan memperingati hari Tsunami 15 tahun

Masyarakat dan sejumlah pejabat daerah yang di kabupaten Simeulue di lokasi observasi gerhana matahari cincin (GMC) Turut menyaksikan fenomena alam gerhana matahari cincin ini dengan menggunakan alat teleskop di lokasi observasi atau di halaman mesjid Baiturrahman kabupaten Simeulue

Baca Juga  Bahas 4 Raperda, DPRD Lampung Utara Gelar Paripurna

Menurut keterangan dari salah satu Anggota badan hisab dan rukyat provinsi Aceh Suhrawadi Ilyas mengatakan, terjadi gerhana matahari cincin (GMC) Ini dari jam 11:00 WIB siang dan selesai nya gerhana matahari cincin ini jam 12:10 WIB.

“Jumlah alat yang digunakan untuk melihat gerhana matahari cincin ada 10 unit alat Teleskop yang ada di lokasi observasi,”tuturnya.

Ditempat yang sama, Ka Kanwil Kemenag provinsi Aceh, Drs.H.M.Daud saat di wawancarai oleh media mangatakan, selain 10 unit unit alat teleskop untuk melihat gerhana matahari cincin dan ada 500 Kecamata khusus melihat gerhana matahari cincin yang di bagikan kepada masyarakat yang berada di lokasi observasi.

Baca Juga  Sempat Viral, Jembatan Way Rarem Akhirnya Diperbaiki

“Alat teleskop ini memang khusus untuk melihat fenomena alam seperti gerhana matahari cincin yang terjadi pada hari ini kalau tidak ada alat ini tidak bisa melihat gerhana matahari cincin (GMC),”katanya

Tak hanya itu, bupati Simeulue, Erli Hasim, S.H., S.Ag., M.I.Kom.
Yang turut hadir di lokasi observasi gerhana matahari cincin (GMC) di mesjid Baiturrahman kabupaten Simeulue dirinya mengucapkan terima kasih kepada Ka Kanwil Kemenag provinsi Aceh yang telah memusatkan observasi gerhana matahari cincin (GMC) dihalaman mesjid Baiturrahman kabupaten Simeulue.

“Terima kasih juga sudah datang ke kabupaten Simeulue untuk menyaksikan fenomena alam ini,mari kita tingkatkan ketakuan kita kepada Allah SWT dan mari bersama-sama melaksanakan shalat gerhana matahari cincin di mesjid Baiturrahman kabupaten Simeulue,”jelasnya.

Baca Juga  Tidak Tepat Sasaran, Nurdin Habim Pertanyakan Regulasi Penggunaan Randis

Erli Hasim menegaskan bahwa terjadinya GMC kali ini bertepatan dengan Tsunami 15 tahun yang lalu. “Mari kita mengingat kebelakang terjadi gempa bumi dan Smong (Tsunami) maka dari itu mari kita meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” pungkasnya.

Ar

Komentar

Berita Lainnya