oleh

Hadapi Tatanan Baru, Kecamatan Cikupa Gelar Sosialisasi

-Daerah-129 views

Kab.tangerang,  jurnalmedia.com – Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang gelar sosialisasi untuk menghadapi persiapan tatanan baru (NewNormal) saat Pandemi covid-19 diruang gedung Aula yang dihadiri para muspika, aparatur desa, petugas kesehatan dan instansi lainya. Selasa (02/06/2020).

Pandemi yang terjadi dan tak jelas sampai kapan berakhirnya, membuat pemerintah kabupaten Tangerang memikirkan langkah langkah yang harus diambil saat Pandemi tersebut agar aktifitas masyarakat tetap berjalan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut H Yayan, Ketua MUI Cikupa, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cikupa, Perwakilan Dari Puskesmas Kecamatan Cikupa, Danramil Cikupa, kepala KUA kecamatan Cikupa, Ketua GMI kecamatan Cikupa.

Camat Cikupa, H.Abdullah, S.Sos, M.Si mengatakan, rapat  tersebut dilaksanakan untuk membahas sosialisasi penerapan protokol Covid-19 dengan Kepala Desa Se Kecamatan Cikupa, dalam rangka pelaksanaan pelonggaran atau tatanan kehidupan baru (New Normal) yang akan dijalankan.

Baca Juga  Sebanyak 1.118 KPM Desa Kayu Bongkok Terima BST Tahap VI

“Penerapan protokol kesehatan harus diterapkan seperti di sekolah yang mengharuskan cuci tangan, memakai masker, dan pengaturan jarak antar siswa serta guru. Pengaturan ganjil genap dan jarak antar stan di pasar. Serta memperketat jam operasional bagi kafe, hotel, dan restoran yang berkoordinasi dengan pihak TNI/Polri, menjadi beberapa hal yang dibicarakan,” ungkapnya.

Abdullah juga meminta seluruh Kepala Desa dan puskesmas yang ada di Kecamatan Cikupa untuk mendata warganya dengan sistem By Name By Lokus. “Khususnya warga yang mempunyai riwayat 10 penyakit yang rentan terhadap Covid-19. Dari data itu harus ada kunjungan rutin kepadanya dan melaporkan perkembangannya,” katanya.

Pada rapat ini juga dibahas penyiapan peraturan yang digunakan sebagai dasar hukum untuk menertibkan masyarakat yang melanggar protokol Covid-19.

Baca Juga  Kepala Desa Karet Kawal Pembagian BST Tahap VI

Abdullah berharap seluruh kepala Desa yang hadir untuk menyiapkan data lengkap termasuk data infografik yang akan juga dimasukkan di aplikasi Fight Covid sehingga setiap orang dapat mengetahui kondisi sekitar wilayah mereka berada. “Dalam pelaksanaan sosialisasi protokol Covid-19 ini kita harus benar-benar informatif, menjelaskan kepada masyarakat serta melengkapi sarana dan prasarana,” tukasnya.

Fauzi

Komentar