oleh

Kembangkan Literasi Digital dan Kompetensi Guru, SMKN 2 Ciamis Gelar IHT

SMKN 2 Ciamis Gelar In House Training Bagi Guru

BANDUNG, jurnalmedia.com — Sebanyak 74 peserta yang terdiri dari tenaga pendidik guru mata pelajaran adaptif, normatif, dan produktif mengikuti In House Training (IHT) bertema “Pengembangan Literasi Digital dan Kompetensi Profesional Guru melalui Penggunaan Aplikasi Crayonpedia” yang digelar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Ciamis.

Menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III, Herry Pansila, kegiatan yang dimulai Rabu hingga Sabtu (14 s.d. 17 Juli) ini untuk mngembangakan literasi digital dan kompetensi guru.

“Di antaranya, guru yang menghasilkan karya materi ajar berbasis multimedia, guru yang menyenangkan, guru yang mau belajar kepada guru lain, guru yang berdedikasi kepada masyarakat, dan guru yang berkolaborasi dalam MGMP,” ucapnya  saat membuka kegiatan Rabu, (14/7/2021).

Baca Juga  Pergub Nomor 158 Tahun 2021, Lindungi Pekerja dengan Jaminan Kehilangan Kerja

Tingkatkan Kemampuan Kompetensi Para Guru

Sementara Kepala SMKN 2 Ciamis, Didin mengatakan, training ini merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kemampuan kompetensi profesional para guru, terlebih dalam hal literasi digital,” tegasnya.

Salah satu bukti peningkatan kompetensi tersebut, lanjut Didin, saat ini SMKN 2 Ciamis ini tengah mengikuti lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional mewakili Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan salah satu narasumber sekaligus calon kepala sekolah dari SMKN 2 Ciamis, Dede Fajriadi menjelaskan, ada empat indikator keberhasilan dalam IHT tersebut.

Meningkatnya mutu sekolah melalui salah satu standar nasional pendidikan (SNP), yaitu standar isi, kemampuan literasi digital dan kompetensi profesional guru melalui aplikasi Crayonpedia serta meningkatnya motivasi dan prestasi belajar siswa.

Baca Juga  WJIS 2021, Dirut Bjb Raih Penghargaan Cifest

“Selain itu, kegiatan ini juga bagian dari rencana proyek kepemimpinan (RPK) diklat calon kepala sekolah tingkat provinsi pada On the Job Training 2 (OJT-2),” pungkasnya.

Komentar

Berita Lainnya