oleh

KABUMI UPI Rayakan Hari Angklung ke 9 di Gedung Sate

Bandung, jurnalmedia.com – KABUMI UPI (Keluarga Besar Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan lndonesia), peringati hari angklung (Angklung days) dengan tujuan untuk merayakan dan memperingati hari diresmikannya angklung sebagai salah satu warisan budaya dunia serta menggali nilai-nilai tradisional dalam berkesenian dan berkebudayaan, sehingga dapat tercapai sasamn-sasaran pelestarian budaya daerah, khususnya angklung.

Pada tahun ini untuk kesembilan kalinya Angklungs Day kembali diselenggarakan, dengan bertemakan “Feel the World’s Sensation”. Tema ini diambil sebagai ajakan kepada para peserta, penonton, dan masyarakat luas untuk merasakan sensasi keliling dunia melalui alat musik tradisional.

Kegiatan angklungs day ini dilaksanakan pada tanggal 24 November 2019 yang berlokasikan di Halaman Gedung Sate, Bandung. Angklungs Day ini dihadiri oleh Rektor Universitas Pendidikan Indonesia dan Gubemur Jawa Barat yaitu Dr. H. Mohammad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. Selain itu untuk peserta yang akan mengikuti acara angklungs day 2019 ini mulai dari TK-SD-SMP-SMA, umum bahkan ada juga peserta dari luar negeri yang ikut berpatisipasi dalam kegiatan angklungs day 2019 seperti Jepang, Suriah, Vietnam, Thailand, Korea dan lain lain.

Opening ceremony angklungs day 2019 menampilkan tarian Nusantara dan juga lntemasional yang diiringi musik live yang dipersembahkan oleh KABUMI UPI. Setelah itu akan ada penampilan angklung dari setiap grup peserta atau sekolah di berbagai tingkatan dengan membawakan lagu bebas. Acara inti dari angklungs day 2019 ini yaitu seluruh peserta memainkan angklung secara bersama-sama dengan membawakan lagu Internasional dan juga lagu Nusantara.

Dalam rangkaian acara angklungs day ini terdapat perlombaan seperti lomba kostum terbaik yang digtmakan oleh setiap grup atau peserta angklungs day. Selain itu juga ada lomba foto didepan gedung sate bagi peserta yang telah mengupload foto nya melalui instagram.

San/Red

Komentar

Berita Lainnya