oleh

Ketua DPRD Lampura Dorong Percepatan Jabatan Definitif Sejumah Pejabat Esselon

-Lintas, Politik-686 views

Lampung, Jurnalmedia.com – Ketua DPRD Lampung Utara, Romli menyampaikan, dalam hal percepatan penanganan pandemi Covid-19, agar seluruh elemen masyarakat di semua tingkatan untuk menyadari akan ancaman Corona yang semakin meluas penyeberannya, tidak terkecuali kabupaten Lampung Utara.

“Untuk itu, kita semua harus ikut terlibat secara aktif dengan asas gotong-royong, namun disini tentunya tanpa mengesampingkan mekenisme sesuai dengan prosedur tetap (protap) yang sudah dikeluarkan oleh kemenkes agar semua elemant masyarakat bersama pemerintah melawan wabah Corona,” ujar Romli, saat diwawancarai jurnalmedia.com Kamis, 9 April 2020, di Rumah Jabatan Ketua DPRD Lampura.

Terkait jabatan Sekretaris Kabupaten yang hingga saat ini belum definitif dan beberapa dinas yang juga masih dijabat oleh pelaksana tugas dan/atau penjabat, kebijakan ideal yang harus diambil Pemkab Lampura, menurut Romli, pihaknya sudah beberapa kali mendorong agar eksekutif segera melaksanakan lelang jabatan.

Baca Juga  Salahudin Resmi Jabat Plt Sekretaris DPRD Lampung Utara

“Hal ini sudah beberapa kali saya sampaikan dan mendorong Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, yang saat ini dipimpin Pelaksana Tugas dan wewenang (Plt.) Bupati Lampura, Budi Utomo, untuk secepatnya melakukan lelang jabatan, baik itu jabatan Sekretaris Kabupaten agar dapat segera definitif, juga melakukan tindak lanjut untuk mengisi kekosongan jabatan di tingkatan eselon II, III, dan juga eselon IV,” papar Romli.

Romli menambahkan dalam hal pelaksanaan kegiatan seperti yang tertuang dalam anggaran baru tahun 2020 ini, tidak akan dapat berjalan maksimal apabila organisasi perangkat daerah (OPD) yang cukup besar untuk mengelola anggarannya dipimpin oleh satu orang atau dengan kata lain, rangkap jabatan.

Baca Juga  Salahudin Resmi Jabat Plt Sekretaris DPRD Lampung Utara

“Oleh karena itu, saya berharap kepada Plt. Bupati Lampura untuk sesegera mungkin mengusulkan dan melakukan lelang jabatan agar dapat maksimal mengelola APBD 2020, Sehingga dapat terwujud pembangunan yang diharapkan masyarakat sesuai dengan visi dan misi Pemkab. Lampura periode 2019 – 2024” tegasnya.

Romli juga menyampaikan, sosok sekretaris kabupaten yang dipandang mumpuni untuk mengatasi krisis multidimensi yang dihadapi Lampura saat ini harus memenuhi beberapa kriteria.

“Ada beberapa hal yang menjadi urgensi untuk menjadi pertimbangan, siapapun orangnya, yang pertama adalah putra daerah. Mengapa demikian? Harapan kami siapapun nantinya yang menjabat sekda dia benar-benar telah mengetahui tentang seluk-beluk dan persoalan yang ada di Bumi Ragem Tunas Lampung ini,” tuturnya.

Baca Juga  Salahudin Resmi Jabat Plt Sekretaris DPRD Lampung Utara

Kedua, lanjut Romli, sosok ini nanti (calon Sekdakab Lampura. red) juga harus memiliki jiwa leadership yang mampu mengayomi birokrasi dan ASN.

“Atau dengan kata lain, sosok yang akan menduduki kursi definitif Sekkab Lampura itu harus multitalenta. Dalam arti, ia harus menguasai prinsip dasar keuangan daerah, dan memiliki kemampuan serta ketegasan dalam hal menjalankan pembenahan sistem dan birokrasi di pemerintahan,” pungkasnya.

Agus

Komentar

Berita Lainnya