oleh

Kuatkan Kolaborasi Bersama Fort Worth Texas, Pemkot Bandung Gelar Virtual Sister City

-Ragam-48 views

Bandung, jurnalmedia.com – Untuk menguatkan kolaborasi sister city Kota Bandung dan Fort Worth Texas Amerika Serikat, kedua pemerintah kota menggelar Virtual Summit Sister City. Acara ini juga merupakan bagian dari memperingati 30 Tahun hubungan sister city keduanya.

Pada acara tersebut, turut hadir Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Bandung Comment Center, Rabu 30 September 2020. Sedangkan Kota Fort Worth diwakili oleh Dr. Bonnie Melhart (Bandung Committee Chair for Fort Worth), dan Konsulat Jenderal Indonesia, Nana Yuliana.

Yana mengungkapkan hubungan baik antara Kota Bandung dan Kota Fort Worth ini sudah terjalin sangat baik. Di masa pandemi Covid-19 ini, kerja sama dengan mitra di luar negeri sangatlah penting.

Baca Juga  Ratusan Personel Yonif 754 Ikuti Klasifikasi Pasukan Raider

Dengan kerja sama yang telah ada selama ini, Kota Bandung telah mendapatkan bantuan dari sister city lainnya. Seperti Kota Suwon Korea Selatan, Kota Liuzhou China. Khusus untuk Fort Worth, Kota Bandung membuka peluang untuk dapat kerja sama di bidang kemanusiaan.

“Kami sudah mempersiapkan program kerja sama yang sekiranya bisa dikolaborasikan dengan Fort Wort. Kita akan merencanakan program pemulihan ekonomi kedua Sister City ini. Seperti promosi pariwisata dan perdagangan,” tutur Yana.

Yana berharap, kerja sama Sister City ini dapat memberikan manfaat yang konkret bagi masyarakat di kedua kota.

“Semoga dengan kolaborasi yang baik dan kerjasama di sektor strategis, bisa membawa kita bersama melewati masa pandemi Covid-19 dengan lancar,” ujarnya.

Baca Juga  Tidak Layak Konsumsi, Warga Keluhkan BSB-PKH dari Kemensos RI

Perlu diketahui, hubungan Kota Bandung dan Fort Worth Texas Amerika Serikat telah terjalin sejak 2 April 1990.

Acara virtual ini difasilitasi oleh KJRI Houston dalam rangka menguatkan hubungan kerja sama Sister City. Sejumlah kerja sama yang telah disepakati sampai dengan saat ini adalah :

1. Lingkup ekonomi perdagangan, industry, dan kepariwisataan
2. Lingkup ilmu pengetahuan, teknologi, dan administrasi
3. Lingkup pendidikan, kebudayaan, kesejahteraan sosial, kepemudaan dan keolahragaan

Selama 30 tahun terakhir, Sister City Kota Bandung dan Fort Worth selalu menjaga hubungan komunikasi dengan aktif. Sejumlah kerja sama yang telah berjalan di antaranya bantuan alat kesehatan, pelatihan bagi pemadam kebakaran, pertukaran pemuda (Internasional Leadership Academy) yang mana Kota Bandung selalu berpartisipasi dalam mengirimkan bibit mudanya, sister school, dan program-program strategis lainnya.

Komentar

Berita Lainnya