oleh

Kunjungi Kota Bandung, Ini yang Disampaikan Tim Kemenpan RB

Bandung, Jurnalmedia.com – Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) menerima kunjungan dari Tim Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia dalam rangka pelaksanaan evaluasi kinerja dan penilaian reformasi birokrasi, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (2/10/2019).

Kedatangan tim Kemenpan RB yang dipimpin Kepala Bagian Perencanaan Kinerja dan Anggaran pada Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB, Agusdin Muttakin. Kedatangannya diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna.

Kepala Bagian Perencanaan Kinerja dan Anggaran pada Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB, Agusdin Muttakin menyampaikan, kedatangan ke Pemkot Bandung ingin mengetahui perkembangan yang ada.

Mulai dari pelayanan publik sampai sistem yang dilakukan untuk aparatur di instansi pemerintah. Karena, menurutnya bukan hanya penilai yang ditentukan oleh waktu, tetapi terus menerus akuntabilitas kinerja diperhatikan.

“OPD itu kan sifatnya melayani, sehingga selain di internal diuji. Kita juga meminta penilaian masyarakat bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan, kinerja Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (Sakip) dan Reformasi Birokrasi (RB) di Pemerintah Kota Bandung berjalan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan kinerja para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang maksimal.

“Pemkot selalu kooperatif. Selalu mendukung upaya mendukung Kemenpan RB dalam tata kelola pemerintahan ini lebih baik. Sehingga kita kerja maksimal, dengan arah harus mampu membahagiakan masyarakat dengan tata kelola integritas, SDM termasuk data yang bisa dipertanggungjawabkan,” bebernya.

Ema menjelaskan, Pemkot Bandung menggunakan metode Logic Model pada Perencanaan Kinerja dalam penyusunan RPJMD dan Renstra.

“Sehingga kinerja SKPD itu benar, mulai dari menjabarkan apa yang menjadi visi misi kepala daerah. Lalu anggaran yang dikeluarkan sampai penyerapan. Jadi Logic Model ini pun bisa bersinergi dengan kewilayah,” kata Ema.

Dalam pengukuran kinerja tambah Ema, Pemkot Bandung melakukan mekanisme Pemetaan Kinerja (Cascading). Ini merupakan konsep peningkatan kualitas program dalam kegiatan serta mewajibkan setiap penanggungjawab program atau kegiatan melakukan evaluasi yang didasarkan pada capaian hasil.

“Jadi semuanya bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Red

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya