oleh

Lestarikan Kain Tradisional Lewat Festival

-Bandung, Ragam-414 views

Bandung, Jurnalmedia.com – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta Kota Bandung lebih sering menggelar festival atau pameran kain tradisional. Pasalnya hal itu dapat merangsang minat generasi muda memelihara warisan budaya bangsa berupa kain tradisional.

Yana menyakini, kain tradisional sangat berpotensi meningkatkan daya saing di level internasional.

“Harapan saya acara ini menjadi wadah generasi muda agar tidak pernah bosan melestarikan budaya indonesia. Menjadi inspirasi untuk memelihara warisan budaya Indonesia,” kata Yana saat membuka Festival Batik Bordir dan Tenun Nusantara di Graha Manggala Siliwangi‎, Jalan Aceh, Rabu (1/5/2019).

Yana menyebut, beberapa kain khas nusantara seperti songket, ulos, batik, termasuk border dan tenun bisa didisain menjadi lebih modern. Modelnya un bisa mengikuti tren fesyen tanpa meninggalkan karakternya.

Tak hanya itu, Yana mengungkapkan inovasi dalam dunia fesyen bukan hanya sekadar memelihara nilai budaya saja. Lebih dari itu, menurut Yana, produknya memiliki nilai ekonomis sekaligus ikut mendongkrak dunia pariwisata.

“Indonesia kaya akan keragaman yang mengagumkan. Dari banyaknya keragaman tersebut adalah kain khas nusantara atau kain tradisional. Dan masih banyak kain khas nusantara yang belum terekspose dan harus kita gali terus,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung, Siti Muntamah Oded sangat mengapresiasi perhelatan festival ini. Sebab mengikuti festival akan merangsang semangat para pengusaha baru di industri kreatif bidang fesyen.

“Ini kegiatan sangat positif, bukan hanya menampilkan kreativitas tetapi ini salah satu acara sangat penting buat perajin start up,” ucap perempuan yang akrab disapa Umi Oded ini.

Dalam sebuah gelaran festival, Umi menyatakan para produsen mendapat kesempatan untuk mengetahui iklim pasar dan peta persaingan produk secara nasional. Sehingga, hal itu menjadi bekal dalam merancang manajemen usaha agar lebih berkembang.

“Tentu acara seperti ini akan kita terus dukung. Kita akan terus mencari para perajin berkarakter, unggul dan inovatif dalam berkreativitas. Kita harapkan para perajin bisa menembus pasar internasional,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya