oleh

Marwan Cik Asan: Kembangkan Usaha, Masyarakat Abung Barat Bisa Manfaatkan KUR

-Ekobis, Lintas-163 views

Lampung, jurnalmedia.com – Bank mandiri roadshow sosialisasi pengembangan usaha melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan narasumber kepala BAKN Marwan Cik Asan di aula kecamatan Abung Barat, Sabtu (15/02/2020).

Marwan cik asan dalam sambutannya mengajak masyarakat yang ada dikecamatan Abung Barat agar dapat memanfaatkan program pemerintah di bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), melalui KUR petani dapat mengajukan pinjaman untuk mengembangkan usahanya. “Sehingga selain hasil panen, petani juga bisa mendapat penghasilan sampingan dari usaha home industri, dengan memanfaatkan pinjaman lunak KUR,” ucap Marwan.

Kepala Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) itu menambahkan, bahwa pemerintah pusat menggelontorkan dana sebesar 190 Triliun di tahun 2020 ini untuk program KUR, namun berdasarkan data yang ada, penyerapan dana belum merata, berdasarkan data yang saya terima, hampir 50% dana KUR terserap dipulau Jawa, sedangkan sumatra hanya 18 % saja, dan untuk lampung masih kurang dari 8%.

“Itu alasanya mengapa saya mensosialisasikan kredit lunak KUR, agar masyarakat dapat memanfaatkan sertifikat tanah sebagai agunan,ehingga petani bisa memiliki usaha sampingan, dengan begitu kesenjangan ekonomi bisa teratasi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Sugeng S, Kepala cabang Bank Mandiri kecamatan Bukit Kemuning mengajak masyarakat untuk berlomba-lomba memanfaatkan pinjaman KUR, “Adapun klasifikasi pinjaman KUR ada 3 bagian, yaitu : 1) usaha mikro dengan plafon maksimal 50 juta tenor 1 tahun, agunan Sertifikat Hak Milik (SHM) 2) usaha kecil dengan plafon sampai 200 juta tenor 1 tahun agunan (SHM / SHGU /SHGB) dan pelayanan jasa TKI dengan palfon maksimal 25 juta, tanpa agunan tambahan, tenor 1 tahun atau sesuai kontrak kerja di negara tujuan,” jelasnya.

Disela acara pembagian doorprize, staff ahli lapangan Duil Ansori mengatakan, kegiatan sosialisasi yang diselanggarakan Bank Indonesia (BI) dengan narasumber Ir. H. Marwan Cik Asan MM. berahir hari ini, sebelumnya sosialisasi tersebut sudah dilakukan dan keliling di 15 kecamatan yang ada dikabupaten Lampung Utara.

Agus

Komentar

Berita Lainnya