oleh

Mural di Taman Sejarah Mewakili Empat Fase Sejarah Kota Bandung

-Ragam, Regional-133 views

Bandung, Jurnalmedia.com – Hari Jadi ke-210 Kota Bandung diwarnai berbagai perayaan yang monumental. Salah satunya adalah peresmian wajah baru di Taman Sejarah, Jumat 25 September 2020.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana beserta Forkompimda Kota Bandung menyambut mural baru di salah satu sudut taman tersebut.

Mural yang dilukis pada empat sisi dinding kubah Taman Sejarah itu mewakili empat fase sejarah Kota Bandung. Sisi utara menggambarkan era prasejarah Kota Bandung dengan berbagai legenda dan kehidupan tatar priangan.

Pada sisi timur yang menghadap ke Jalan Merdeka, mural melukiskan gambaran fase prakemerdekaan. Suasana perjuangan rakyat Bandung untuk merebut kemerdekaan diilustrasikan secara apik.

Baca Juga  Dampak Pandemi Covid-19, Pemulihan Ekonomi di Jabar Perlu Penanganan Serius

Menghadap ke sisi selatan, suasana berbaagai peristiwa sejarah untuk mempertahankan kemerdekaan tergambar jelas, salah satunya adalah peristiwa Bandung Lautan Api.

Sedangkan sisi barat yang tepat menghadap ke taman menunjukkan suasana Kota Bandung masa kini di bawah kepemimpinan Wali Kota Bandung Oded M. Danial. Kemajuan pembangunan dan teknologi menghiasi dinding tersebut.

Mural yang dilukis selama 16 hari itu dikerjakan oleh para seniman dari Ikatan Mural Bandung. Dengan desain dari Irma Dwi Noviani, lukisan tersebut digambar di atas dinding oleh lima orang, yaitu Indra Yusuf, Muhamad Angka Widjaya, Rizki Lutfi Wiguna, Erik Rifki, dan Putut Pramudiko.

“Objek utamanya sebetulnya Kang Pisman, ditandai dengan ada logo kang pisman. Kemudian ada gambar internet dan infrastruktur untuk mewakili pembangunan smart city,” tutur salah seorang pelukis, Indra Yusuf.

Baca Juga  Awasi Lonjakan Wisatawan, Pemkot Bandung Bakal Perketat Prokes

Selain mural, Oded juga meresmikan signage dirinya selaku Wali Kota Bandung di sudut lain taman itu. Di sisi selatan taman, Oded melengkapi kumpulan signage para pemimpin Bandung dari masa ke masa.

Pada signage itu, Oded digambarkan sebagai sosok pemimpin agamis yang mendorong perubahan paradigma masyarakat tentang pola manajemen lingkungan melalui Kang Pisman.

Oded pun mengapresiasi karya para seniman muda berbakat itu. Ia mengaku senang mural dan signage baru itu menjadi salah satu kado di Hari Jadi Kota Bandung (HJKB).

“Saya berharap spirit 210 tahun ini yang bertepatan dengan dua tahun kami memimpin, saya berharap mudah-mudahan kita semua bisa mengambil pelajaran, terutama spirit utnuk melanjutkan pembangunan Kota Bandung dari estafet pendahulu kita,” tuturnya.

Baca Juga  Minimalisir Banjir, Pemkot Bandung Konsisten Bersihkan Kawasan Sungai Sukamulya

Red

Komentar

Berita Lainnya