oleh

Oded: RW Mandiri Implementasikan Konsep Infak dan Sedekah

-Regional-335 views

Bandung, Jurnalmedia.com – Program RW Mandiri yang digagas oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Kota Bandung terus berkembang pesat. Setiap bulan, dana sumbangsih warga melalui infak dan sedekah semakin meningkat.

Kamis (21/9/2017), bertepatan dengan Tahun Baru Hijriyah 1439 H, Oded menggelar acara “ngaliwet” sekaligus penguatan program RW mandiri di RW 01 Kel. Sukaraja, Kec. Cicendo. Oded hadir beserta istri, Siti Muntamah Oded M. Danial.

Oded menuturkan, di Kelurahan Sukaraja, seluruh RW telah melaksanakan program tersebut. Setiap RW telah mengumpulkan dana hasil swadaya masyarakat melalui infak dan sedekah dengan jumlah yang variatif.

“Ada yang sudah sampai 13 juta perbulan, per-RW. Ada juga yang baru 7 juta, lima juta, ada juga yang baru 3 juta,” ungkap Oded.

Bagi Oded, program RW Mandiri merupakan implementasi dari konsep infak dan sedekah dalam Islam. “Ini merupakan sebuah gerakan infaq shodaqoh sebagai hal dasar fondasi setiap RW dalam membangun RW mandiri,” katanya.

Kelak, dana tersebut bisa digunakan oleh masyarakat sendiri untuk keperluan umum, seperti membayar listrik masjid, perbaikan sarana-sarana RW, dan sebagainya. Dengan begitu, warga bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dengan cara bergotong-royong.

Oded menambahkan, program ini juga bisa dimaknai sebagai perubahan positif masyarakat sejalan dengan dimulainya tahun baru Islam. Sebab sejatinya, lanjut Oded, hijriyah itu berarti hijrah, berpindah menuju ke arah yang lebih baik.

“proses perubahan yang tadinya baik jadi lebih baik, yang jelek jadi baik. Ini yang menggembirakan,” pungkasnya.

Red

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya