oleh

Portue 2023, Ajang Pencarian Bibit Unggul Atlet Kota Bandung

JURBAL MEDIA, BANDUNG — Untuk semua klub olahraga dan sekolah di Kota Bandung, segera persiapkan para calon atlet terbaik. Sebab, 24-31 Desember 2023 mendatang, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung dan KONI Kota Bandung akan menggelar Pekan Olahraga Tunggal Event (Portue).

Targetnya kegiatan ini bisa diikuti 11.000 peserta dari klub dan sekolah mulai tingkat SD-SMP di Kota Bandung. Rencananya, ada 32 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada Portue 2023.

“Harapannya lewat kegiatan ini, kita bisa mempersiapkan bibit-bibit atlet di Kota Bandung. Ini juga sebagai prototipe untuk melihat indeks keikutsertaan masyarakat,” jelas Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono di Pendopo Kota Bandung, Jumat 20 Oktober 2023.

Menurutnya, perlu adanya penilaian yang jelas terkait dipilihnya 32 cabor dalam kompetisi Portue untuk menghindari konflik kedepannya.

“Semua cabor punya hak yang sama untuk mengajukan prestasinya. Penilaiannya harus jelas. Sebab di Kota Bandung itu ada 76 cabor, tapi untuk Portue hanya dipilih 32 cabor. Sisanya harus dipikirkan juga bisa ikut kegiatan apa sebagai penggantinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Portue 2023, Lius Lisnuwanto memaparkan, ada 4 titik venue yang akan digunakan, di antaranya Sport Jabar Arcamanik, GOR KONI Bandung, GOR Pajajaran, dan GOR Bulutangkis Lodaya.

“Tapi ada juga sebagian lokasi yang kita pakai di luar 4 titik tersebut, salah satunya lapangan tenis di UPI,” papar Lius.

Ia mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan secara serentak pada 24 Desember 2023. Dimulai dengan pembukaan pada pukul 19.00-21.00 WIB.

Selain itu, Lius juga menjabarkan persyaratan cabor yang bisa ikut serta dalam kompetisi Portue 2023. Di antaranya, cabor tersebut harus memiliki klub, jumlah pesertanya minimal 250 orang, memiliki tenaga wasit dan ofisial lain, serta mengajukan proposal ke Komite Olahraga Nasional Indonesia Kota Bandung.

“Bagi cabor yang tidak memenuhi syarat, kita ada event lain yang bisa diikuti oleh mereka. Ada liga internal dan Bandung open,” tuturnya.

Komentar

Berita Lainnya