oleh

Peduli Guru, Pemprov Jabar Siapkan Perumahan Bataru

BANDUNG, jurnalmedia.com — Hingga hari ini (17/02/2021) pemerintah sudah menyediakan 5.000 rumah bagi guru yang belum memiliki rumah. Hal itu dikatakan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi sesaat setelah melakukan peletakan batu pertama pembangunan perumahan Bataru (Bakti Padamu Guru) di Perumahan Benteng Mas Campaka, Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta.

“Per hari ini sudah tersedia 5.000 rumah yang segera didedikasikan bagi guru yang belum memiliki rumah atau masih ngontrak,” jelas Gubernur.

Menurut Gubernur, perumahan Bataru telah ada di 20 kabupaten/kota dan tersebar di 100 lokasi. “Akan saya monitor, mudah-mudahan akhir tahun jumlahnya bertambah signifikan,” ujarnya.

Gubernur menargetkan ada 20.000 rumah yang disediakan bagi guru dan tenaga kependidikan. Gubernur pun mengapresiasi peran perbankan yang mendukung upaya pemerintah menyejahterakan guru dan tenaga kependidikan. Ke depan, Gubernur akan mendorong penyediaan perumahan bagi profesi lainnya.

“Ini adalah dukungan dan rasa sayang kami kepada guru, tata usaha, dan tenaga kependidikan di sekolah. Ke depan, akan kami koordinasikan untuk profesi lainnya,” ungkapnya.

Salah seorang guru, Regi Mahendra Pradana sangat bersyukur dengan program Bataru ini. “Saya sangat terbantu dengan adanya program tersebut. Kami dibantu oleh Disdik dan tim Bataru agar bisa melakukan KPR rumah di sini,” ujar guru SMK Yamaba Purwakarta tersebut.

Regi yang sudah mengabdi sebagai guru sejak 2011 ini mengaku, proses pengajuan rumah melalui Bataru sangat mudah. “Saya harap pembangunan tahap kedua ini cepat selesai. Karena, masih banyak teman guru yang masih ngontrak,” tutup guru teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sekaligus operator sekolah ini.

Dg

Komentar

Berita Lainnya