oleh

Pemprov Jabar tengah Kembangkan Bibit Indigofera Asal Papua

-Ragam-608 views
Gubernur Jawa Barat

Bandung, JurnalMedia.com – Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menegaskan, bibit unggul tanaman pakan ternak Indigofera saat ini sedang disertifikasi. Menurut Ahmad Heryawan sertifikasi itu dilakukan untuk menjaga kualitas bibit unggul yang akan dikembangkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemprov Jabar saat ini tengah mengembangkan dan menyebarkan tanaman rumput indigofera asal Papua itu untuk pakan ternak. Dengan Indigofera, biaya pakan ternak bisa dihemat lebih dari 50%.

“Saat ini kita sedang mensertifikasi bibit unggul Indigofera, karena itulah yang nantinya yang akan kita sebarluaskan untuk ditanam oleh masyarakat, dan menjaga keberlangsungan kualitasnya” ujar Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, Jum’at (3/2)

Menurut Aher, tanaman Indigofera memang variasinya ada beberapa macam, yang sedang dikembankan oleh Pemprov Jabar adalah kualitas unggul dan perlu dijaga keberlangsungan kualitasnya, diantarnya adalah dengan upaya sertifikasi. Pemprov juga telah menyediakan lahan lebih dari 25  hektar di Cianjur untuk demplot pengembangan Indigofera.

“Kita sediakan lahan di daerah Cikadu Cianjur untuk demplot persemaian Indigefera. Lahannya yang tersedia ratusan hektar, tetapi yang kita gunakan hanya sekitar 25 hingga 50 hektar saja” kata Aher.

Aher kembali menegaskan komitpem Pemprov Jabar untuk mengembangkan Indigofera karena bisa membantu perkembangan dunia peternakan di Jabar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya