oleh

Makna Film G30S/PKI Menurut Oded

Wakil Walikota Bandung, Oded M Danial saat Nobar Film G30S/PKI di Taman Film, Sabtu, (30/09/17).

Bandung, jurnalmedia.com – Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan generasi muda bangsa Indonesia jangan sampai melupakan sejarah kelam yakni G30S/PKI guna menjaga eksistensi NKRI dan Pancasila sebagai dasar negara.

“Generasi bangsa saat ini terutama generasi mudanya sangat penting mempelajari dan memahami sejarah bangsa. Maka dari itu pemutaran film G30S/PKI harus dipahami bahwa terdapat beberapa hal penting dalam menjaga negara maupun Pancasila,”jelasnya pada acara Nonton Bareng Film G30S/PKI di Taman Film Kota Bandung, Sabtu (30/09/17).

Wakil Wali Kota Bandung ini menjelaskan generasi muda perlu mengokohkan nasionalisme dan patriotisme melalui pemaknaan atas peristiwa sejarah bangsa, misalnya peristiwa G30S/PKI.

Baca Juga  Kampus Yasiro Gelar POM untuk kali Pertama

“Agar ada ketersambungan sejarah perjuangan bangsa dari masa ke masa, bahwa bangsa ini dibangun dengan pengorbanan yang begitu besar dari para pahlawan dan generasi sebelumnya,” ujarnya.

Jadi kata Oded, setelah mempelajari sejarah diharapkan bisa menghargai kemudian mewarisi semangat dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan mengamalkan nilai-nilainya secara konsekuen dalam kehidupan dan bernegara.

“Di samping itu, kita supaya tetap waspada terhadap segala upaya yang ingin memecah belah bangsa,” jelas Oded.

Menurutnya, dengan penanyangan film G30S/PKI memberikan pemahaman dari sisi pendidikan atau edukasi tentang sejarah.

“Pahami bahwa menjaga NKRI dan Pancasila merupakan suatu hal yang positif, agar negara ini terus maju dan kuat,” pungkasnya.

Komentar