oleh

Pemilihan Ketua OSIS SMP Sumatra 40, Ajang Pelatihan Demokrasi Siswa

JURNAL MEDIA, BANDUNG — Pemilihan ketua OSIS Periode 2021/2022 di SMP Sumatra 40 Bandung dilakukan untuk melatih siswa-siswi mengenai arti pentingnya berdemokrasi.

Menurut Humas di SMP Sumatra 40, Indah Khoirunnisa Tosin, S.Pd. bahwasaanya ini menjadi ajang latihan untuk siswa siswi agar menjadi siswa yang baik salah satunya dengan cara menggunakan hak suaranya dalam pemilihan Ketua OSIS Periode 2021/2022.

“Disebutkan pada Pasal 1 Ayat 2 bahwasaanya ‘Kedaulatan berada di tangan rakyat, dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar’ Di mana rakyat memiliki sebuah kekuasaan tertinggi yang diserahkan kepada negara untuk menjalankan fungsinya,” ucap Indah

Dikatakannya, kedaulatan rakyat merupakan ajaran dari demokrasi, kekuasaan berada di tangan rakyat. Sehingga rakyatlah yang sepenuhnya memegang kekuasaan negara. Demokrasi dapat berjalan dengan baik jika didukung kesadaran yang memadai dari rakyatnya.

Hal ini pula, diterapkan di SMP Sumatra 40 untuk menumbuhkan kesadaran demokrasi yang memadai dari rakyat termasuk generasi muda diperlukan adanya pendidikan demokrasi melalui kegiatan dari Pemilihan Ketua OSIS.

Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis yang dirasakan langsung.

Pemilihan Ketua OSIS ini diikuti oleh 4 Pasang Calon yaitu

Nomor Urut 1
Zahra Anggita Salsabila
Aurellya Nur Oktavya

Nomor Urut 2
Natasha tri noviani
Damialova Putri Amisani

Nomor Urut 3
Andhika Cahya Putra
Aurel Zahra

Nomor Urut 4
Alieska Zildjiana Melody
Myeisha Navisa Adzra

Dalam pelaksanaan Pesta Demokrasi ini, seluruh warga sekolah termasuk Siswa-siswi, para guru juga karyawan ikut berpartisipasi.

“Mudah-mudahan dengan diselenggarakan nya kegiatan pemilihan ketua OSIS ini sebagai salah satu bentuk perwujudan demokrasi langsung bisa menjadi pembelajaran bagi siswa-siswi di SMP Sumatra 40 bahwasaanya sesuai nilai-nilai Pancasila di wujudkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam lingkungan sekolah,” tukasnya.

Kabar baiknya pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS ini telah berlangsung dan terdapat Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS terpilih yaitu Alieska Zildjiana Melody-Myeisha Navisa Adzra

“Semoga bisa membawa OSIS SMP SUMATRA 40 sesuai dengan visi misi nya ini menjadi lebih baik lagi,” pungkas Indah.

***

Komentar

Berita Lainnya