oleh

Ini 6 Tempat yang Bisa Dijadikan Destinasi Wisata Instagramable di Kota Bandung

JURNAL MEDIA, BANDUNG — Libur hari raya Idulfitri masih menyisakan dua hari lagi. Bagi anda yang berniat menghabiskannya di Kota Bandung, ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Sebelumnya, boleh jadi berwisata di pusat kota seperti Jalan Asia Afrika merupakan pilihan mayoritas wisatawan.

Tapi tahukah jika masih banyak ruang terbuka lainnya di Kota Bandung bisa jadi pilihan untuk berwisata?

Nah, ini 6 destinasi wisata versi Humas Bandung yang punya keunggulan yang sama: bisa menjadi wahana berfoto dan lokasinya juga relatif mudah diakses, kok. Simak daftar lokasinya, ya!

1. Kiara Artha Park
Terletak di Jalan Banten, Kiara Artha Park menawarkan berbagai fasilitas menarik bagi anda yang hendak menghabiskan sisa libur akhir pekan, khususnya di ruang terbuka hijau.

Selain itu, ada juga pertunjukan air mancur menari di sini. Mulai pukul 18.30 WIB hingga 20.30 WIB, tiap jamnya akan ada satu kali pertunjukkan air mancur menari atau dancing fountain.

Saat akhir pekan atau tepatnya Sabtu malam, ada pertunjukkan ekstra air mancur menari pada 21.30 WIB.

Tempat wisata ini juga menghadirkan nuansa negeri ginseng alias Korea seperti kampung Korea. Juga ada festival lampu yang bisa anda saksikan.

Baca Juga  Harga Minyak Goreng Curah di Kota Bandung Kembali Normal

Tiket masuknya pun relatif murah, cukup merogoh saku sebesar Rp10.000, anda sudah bisa masuk ke sini. Namun perlu dicatat, pada akhir pekan, tarif masuk ke Kiara Artha Park dibanderol Rp15 ribu.

2. Babakan Siliwangi
Penat dengan rutinitas di kota besar dan membutuhkan kesegaran dari pohon rindang? Bagi anda yang sedang berada di Kota Bandung, kawasan Babakan Siliwangi bisa jadi jawaban.

Letaknya di Jalan Tamansari Nomor 73 Kota Bandung. Patokannya tidak jauh dari Gedung Sabuga ITB.

Di kawasan ini, anda bisa menikmati suasana hutan kota. Jembatan sepanjang kurang lebih dua kilometer bisa anda jajaki, sembari olahraga berjalan kaki, anda bisa merilis kepenatan dengan menyusuri hutan kota.

Selain itu, di kawasan Babakan Siliwangi juga terdapat tempat seni pertunjukan dan kedai kopi untuk anda nikmati dengan bersantai sejenak.

3. Lembah Tangga 101
Kawasan ini merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di Kelurahan Cisurupan, Cibiru.

Dari sini, anda bisa melihat potret Kota Bandung dari ketinggian. Ada ratusan anak tangga yang bisa anda jejaki sembari berfoto.

Pemerintah Kota Bandung juga terus berupaya melakukan penghijauan di kawasan yang baru diresmikan pada akhir Januari 2022 ini, antara lain dengan menanam pohon berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Dan Sektor 022 Citarum Harum.

Baca Juga  Berburu Barang Antik di Kota Bandung?, Kunjungi Pasar Antik Cikapundung

Untuk mengakses kawasan ini, anda bisa masuk dari Jalan Cipadung, atau Jalan Manisi, Cibiru. Letaknya sekitar 5 kilometer dengan medan agak menanjak. Anda bisa menggunakan aplikasi pencarian rute dengan mengetik Lembah Tangga 101 andai kebingungan saat memasuki jalan utama yang disebutkan tadi.

4. Wetland Park Cisurupan
Letaknya tidak jauh dari Lembah Tangga 101. Sebagai informasi, Wetland Park Cisurupan ini diresmikan lebih dulu ketimbang Lembah Tangga 101.

Di sini, anda bisa menikmati wisata air dengan suasana hijau khas pedesaan. Konsep ruang terbuka hijau ini cocok untuk anda yang ingin melepas penat ketimbang berwisata di pusat kota.

5. Kampung Wisata Kreatif Cigadung
Kota Bandung terkenal dengan kreativitasnya. Ini juga bisa dilihat dari kawasan wisata yang mengangkat tema kreatif yang terletak di wilayah Cigadung.

Ya, Kampung Wisata Kreatif Cigadung merupakan kawasan wisata kreatif dan seni budaya dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism).

Berawal dari Cigadung Creative Belt, Kelurahan Cigadung berkembang dan menggali potensi daerahnya secara mandiri. Pengembangan potensi tersebut dilakukan oleh masyarakat, tokoh masyarakat, kelompok penggerak pariwisata bekerjasama dengan kewilayahan yaitu Kelurahan dan Kecamatan sehingga lahirlah Kampung Wisata Kreatif Cigadung.

Baca Juga  Tempat Buang Sampah Elektronik di Kota Bandung

Melansir situs web resmi Disbudpar Kota Bandung, saat ini terdapat sekitar 69 potensi wisata dan destinasi yang terdiri dari sektor fesyen, kerajinan (kriya), kuliner, akomodasi penginapan, dan seni budaya.

Lokasi kampung wisata berada di wilayah Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

6. Wisata Kuliner Malam
Jika anda tetap ingin mengunjungi kawasan wisata di pusat kota Bandung, maka tak ada salahnya menjajal wisata kuliner malam di Jalan Lengkong Kecil, Kota Bandung.

Di sini, aneka makanan, minuman, serta jajanan bisa anda jumpai. Harganya pun relatif bersahabat dengan kantong. Selain makan sampai kenyang, anda juga bisa menikmati ramahnya suasana dan udara di Kota Bandung.

Dari keenam destinasi wisata tersebut, mana yang paling menggoda untuk anda kunjungi?

Namun sebagai pengingat, ke manapun anda hendak menghabiskan liburan, jangan lupa tetap jaga kebersihan dan kenyamanan tempat yang anda kunjungi, ya. Selamat berlibur di Kota Bandung!

***

Komentar

Berita Lainnya