oleh

Raih 10 Medali, Jabar Juara Umum KOSN Jenjang SMA/SMK Tahun 2020

BANDUNG, jurnalmedia.com – Raih 10 medali yang terdiri dari 5 medali emas, 2 perak, dan 3 perunggu. Provinsi Jawa Barat berhasil menjadi juara umum pada Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Tahun 2020 jenjang SMA/SMK. Kompetisi tersebut digelar secara daring mulai 16 s.d. 21 November 2020.

Sebagai juara umum, Jawa Barat memperoleh lima medali emas yang disabet oleh Muhammad Fathir Miftahul Huda dari cabang karate kategori kata putra SMK, Lala Diah Pitaloka (cabang karate kategori kata putri SMA), Firman Maulana Kurniawan (cabang karate kategori kata putra SMA), Aura Zyacratun Nisa (cabang pencak silat kategori tunggal putri SMK), dan Maharani Destiana Putri (cabang pencak silat kategori tunggal putri SMA).

Baca Juga  Umar Ahmad Gratiskan 30 Mahasiswa Kuliah di Poltek Tunas Garuda

Sementara itu, dua medali perak diraih oleh Sutiasih dari cabang karate kategori kata putri SMK dan Laras Zahratul Baldah (cabang pencak silat kategori tunggal putri SMK). Selanjutnya, tiga medali perunggu diraih Budi Kitrina dari cabang karate kategori kata putri SMK, Rizky Muhammad Rofif (cabang karate kategori kata putra SMA), dan Muhammad Irgi Maulana (cabang karate kategori kata putra SMK).

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Kapuspernas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Asep Sukmayadi mengapresiasi para peserta KOSN 2020 yang masih semangat dan membangun eksistensi diri dengan kegiatan positif meski di tengah pandemi Covid-19.

Dipilihnya tema “Melejitkan Talenta dan Prestasi Olahraga di Masa Pandemi” pada KOSN 2020 ini, diharapkan dapat menjadi wadah untuk menanamkan, melaksanakan serta menyebarluaskan sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur keolahragaan yang saling menghormati, keunggulan persahabatan, dan sportivitas.

Baca Juga  Umar Ahmad Gratiskan 30 Mahasiswa Kuliah di Poltek Tunas Garuda

“Saya ucapkan selamat dan kami bangga kepada kalian semua. Di tengah pandemi ini, siapa pun yang jadi juara, semuanya adalah juara karena adik-adik telah membuktikan bahwa kalian yang terbaik,” kata Asep saat menutup KOSN 2020 di Bandung, Jumat (20/11/2020) seperti dilansir kemdikbud.go.id.

Ajang kompetisi tahun sebelumnya, yakni Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) menjadi salah satu rangkaian lomba yang dilaksanakan pada bulan olahraga dan kesehatan jasmani. Kegiatan ini diikuti siswa jenjang SD hingga SMA/SMK. Karena pandemi Covid-19, KOSN 2020 hanya menggelar dua cabang olahraga, yaitu karate dan pencak silat.

“Inilah harapan dan tujuan kita. Karena, pada akhirnya penguatan karakter serta budi pekerti adalah inti dan pesan olahraga pencak silat dan karate,” pungkasnya.

Baca Juga  Oded Berharap Perguruan Tinggi Bisa Memberikan Inovasi Nyata Bagi Masyarakat

MN

Komentar