oleh

Raperda Pengembangan Pusat Kota Gedebage Hampir Selesai

Bandung, jurnalmedia.com — Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait Pengembangan Pusat Kota (PPK) di Gedebage Kota Bandung telah mencapai 90 persen.

“Progress Raperda sekarang sudah sekitar 90 persen. Sudah tiga bulan lebih. Karena itu dikelola oleh Bappelitbang, progresnya terus berjalan,” kata Sekretaris Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Bandung, Agus Hidayat di Balai Kota Bandung, Kamis (2/7/2020).

Menurut Agus, PPK Gedebage terus berjalan dengan pembangunan oleh Summarecon. Hal itu berkembang dengan pembangunan berbagai infrastruktur.

“Informasi tambahannya, di depan Stadion GBLA itu akan ada Stasiun Kereta Cepat. Nah mereka ingin ada akses ke Kota Bandung. Itu juga salah satunya nanti kalau sudah jadi,” katanya.

Baca Juga  Sekolah Tatap Muka di Zona Hijau, Disdik Jabar Jamin Verifikasi Ketat

Menurutnya, pada rencana jangka panjang, akan dibangun monorel ke pusat kota. Tetapi untuk jangka pendeknya akan dibangun fly over yang melewati jalan tol masuk ke daerah Kota Bandung.

“Jadi itu salah satu perkembangan yang mungkin akan mempercepat juga perkembangan PPK Gedebage,” ucap Agus.

“Untuk di RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) masih dalam proses. Kita masih serius menjadikannya pusat pengembangan wilayah kota di Bandung Timur,” lanjutnya.

Sedangkan terkait pembangunan Exit Tol KM 149, Agus menerangkan, program tersebut merupakan program dari Pemerintah Pusat dan Provinsi. Sehingga diharapkan itu bisa diteruskan paling tidak sampai Jalan Soekarno Hatta.

“Sekarang masih berhenti di Summarecon. Sebetulnya itu bukan berhenti tapi belum selesai. Nanti akan diteruskan paling tidak ke jalan Soekarno-Hatta dulu,” katanya.

Baca Juga  Perekonomian Belum Stabil, BPPD Kota Bandung Kembali Ajukan Revisi Target Pajak Tahun 2020

“Karena jalan arteri itu tidak boleh berhenti di jalan lokal. Jalan arteri harus berhenti wilayah arteri lagi. Arteri jalan tol dan arterinya Soekarno Hatta sebelum lanjutnya ke BUTR (Bandung Intra Urban Toll Road) yang ada di Ujung Berung,” ungkap Agus.

Red

Komentar