oleh

Walikota Bandung Dukung Percepatan Pembangunan Pemerintah Pusat

Bandung, jurnalmedia.com – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyambut baik upaya percepatan pembangunan oleh pemerintah pusat. Termasuk adanya dukungan dari Badan Usaha Milik Negara PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk pembiyaan infrastruktur.

“Ada sebuah ruang kolaborasi yang ditawarkan kepada pemerintah daerah untuk sebuah pembangunan karena anggaran terbatas,” kata Oded usai mengikuti Seminar Sinergi Akselari Pembangunan Indonesia Maju (SIAP Indonesia Maju) bersama Kementerian Keuangan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Oded berharap, PT. SMI menjadi sebuah solusi dari keterbatasan anggaran di daerah. Tak hanya itu, Oded juga berharap ada sebuah sistem atau regulasi dengan semangat kolaborasi antara pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah dalam mempercepat pembangunan.

“Ini mudah mudah bisa terwujud dan dapat mempermudah pembangunan di daerah,” katanya.

Dalam seminar tersebut juga diadakan ajang dialog interaktif yang diisi oleh berbagai instansi seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, dan perwakilan Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani yang membuka pada seminar tersebut mengatakan, ada lima area yang menjadi pusat perhatian dan fokus pemerintah pusat. Kelima hal tersebut adalah berhubungan dengan pembangunan sumber daya manusia, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang sosial untuk untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan serta bidang Ketenagakerjaan untuk meningkatkan skill atau kemampuan dari tenaga kerja.

“Indonesia untuk semakin produktif, lima area itu menjadi fokus kebijakan dan prioritas pemerintah pusat,” katanya.

Untuk membangun fondasi Indonesia, lanjut Sri, maka sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah adalah kunci. Dalam mewujudkannya, Kementerian Keuangan menggunakan instrumen fiskal untuk terus mendukung sinergi dan kebijakan belanja yang makin produktif baik di pusat maupun di daerah, yakni melalui PT. SMI.

“PT SMI sebagai special mission vehicle-nya kementerian keuangan menjalankan prioritas tersebut melalui instrumen fiskal,” kata Sri Mulyani.

Perlu diketahui, PT SMI merupakan Badan Usaha Milik Negara di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang berbentuk Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). BUMN ini berperan dan memiliki mandat sebagai katalis percepatan pembangunan infrastruktur.

Sri Mulyani berharap, PT SMI membantu mendukung percepatan penyediaan infrastruktur dasar maupun sosial di daerah melalui fasilitas pembiayaan kreatif dan inovatif.

Red

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya