oleh

Yana: Mendapat Remisi, WBP Bisa Kembali Bersosialisasi di Masyarakat

-Ragam-108 views

Bandung, jurnalmedia.com – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bisa kembali ke lingkungannya dengan baik. Bahkan, para WBP harus bisa mengimplementasikan pelatihan yang diperolehnya selama berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan. Hali itu dikatakan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat menghadiri Upacara Pemberian Remisi Umum bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Bandung, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Senin (17/08/2020).

“Mudah-mudahan dengan sikap perilaku yang baik di dalam lapas mereka dapat kembali bersosialisasi dan bisa memberikan kontribusi pembangunan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Yana, pemberian remisi tersebut didasari oleh sikap yang baik. Sehingga beberapa orang yang langsung bebas pada hari kemerdekaan RI bisa segera bersosialisasi kembali dengan masyarakat.

Baca Juga  Oded Imbau warga Tetap Waspada Terhadap Penyebaran Covid di Lingkungan Keluarga
Wakil walikota Bandung, Yana Mulyana.

“Lapas bisa memberikan pelatihan sehingga warga binaan mempunyai pengetahuan dan kemampuan baik itu di bidang ekonomi atau dibidang lainnya,” katanya.

Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan tahun ini, sebanyak 11.811 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di 33 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Jawa Barat mamperoleh remisi umum dan beberapa diantaranya bahkan bebas pada tanggal 17 Agustus 2020.

Hal senada juga disampaikan Wakil Gubernur Jawa barat Uu Ruzhanul Ulum. Ia berharap dengan pembinaan-pembinaan yang diberikan oleh Lapas bisa memberikan perubahan bagi WBP saat kembali masuk dalam lingkungan masyarakat.

“Berharap warga binaan yang sudah dibina di sini bukan hanya melaksanakan perilaku baik selama di dalam akan tetapi harapan setelah di luar pun berperilaku sesuai dengan harapan dan keinginan,” tutur Uu.

Baca Juga  Pemkot Bandung Terjunkan Tim Mawar Perangi Covid-19

Selain itu Uu mengharapkan agar WBP diberikan penguatan pendidikan keagamaan di samping pendidikan keterampilan dan ekonomi.

Sedangkan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Imam Suyudi menerangkan, remisi umum II merupakan remisi yang diberikan pada narapidana dan anak pidana yang bila dikurangkan perolehan remisinya, bebas pada 17 Agustus 2020.

“Narapidana yang mendapat remisi umum II tahun ini di Jabar dan bebas pada hari kemerdekaan ini sebanyak 228 orang,” ujar Imam.

“Sedangkan untuk Bandung Raya iya menambahkan WBP yang memperoleh remisi umum II sebanyak 13 orang,” imbuhnya.

Red

Komentar

Berita Lainnya