oleh

Rayakan HUT Bandung, Warga bacip Gelar Festival

Yossi Irianto saat membuka Bacip Festival di Jalan Caringin, Bandung Sabtu, (23/09/17).

Bandung, Jurnalmedia.com – Akhir pekan di Kota Bandung memang paling pas untuk menikmati beragam festival. Terlebih lagi, pekan ini adalah pekan terakhir menjelang 207 tahun usia Kota Bandung. Warga merayakan hal ini dengan menggelar acara di berbagai tempat, seperti di Jalan Braga, Jalan Babakan Ciamis, dan Babakan Ciparay, Sabtu (23/9/2017).

Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto berkesempatan untuk mengunjungi warga Babakan Ciparay yang tengah merayakan 207 tahun usia Kota Bandung. Jalan Caringin yang biasanya padat oleh kendaraan yang melintas disulap menjadi arena festival yang menyenangkan.

Puluhan stand kuliner dan fashion meramaikan acara. Tiap-tiap kelurahan mengisi sebuah stand yang menampilkan kekhasan kreativitas warga. Beberapa wahana permainan anak juga hadir memanjakan anak-anak usia balita.

Baca Juga  Diduga Idap Penyakit Langka, Bayi Muhamad Ismail Butuh Bantuan

Warga juga mengadakan lomba menghias tumpeng yang diikuti oleh perwakilan RW se-Kecamatan Babakan Ciparay. Setiap RW mendekorasi tumpeng dengan memperhatikan komposisi warna dan rasa tumpeng. Yossi berkesempatan untuk mencicipi tumpeng dan “botram” atau makan bersama dengan warga.

Tim Penggerak PKK di tiap kelurahan juga tak mau kalah. Ibu-ibu paruh baya mengikuti lomba kreasi yel-yel per kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 10 orang yang menampilkan gubahan lirik lagu populer dengan lirik yang bertemakan Hari Jadi Kota Bandung.

Yossi menyambut gembira inisiatif warga dalam merayakan Hari Jadi ke-207 Kota Bandung. Menurutnya, momentum ini menunjukkan tingkat partisipasi warga dalam pembangunan yang semakin baik.

Baca Juga  PWI Lampura Makin Siap Menggelar Konferkab ke VIII

“Pemerintah yang kuat adalah ketika pemerintah bisa bersatu dengan warga, pemerintah selalu hadir di tengah masyarakat, serta paham persoalan masyarakat, dan ciri masyarakat,” tutur Yossi usai membuka Bacip Festival di Kec. Babakan Ciparay, Sabtu (23/9/2017).

Istimewanya, Bacip Festival ini betul-betul digagas dan dikelola sendiri oleh seluruh elemen warga tanpa menyewa event organizer. Karang taruna, PKK, hingga organisasi kemasyarakatan di sekitar Babakan Ciparay masing-masing berkontribusi untuk kelancaran acara. Untuk itu, Yossi sangat memberikan apresiasi.

“Kegiatan ini harus menjadi role model di mana kegiatan murni digagas oleh stakeholder di kecamatan dan kelurahan. Seluruh stake terlibat dalam kegiatan hari ini,” ucap Yossi.

Yossi lantas mengucapkan selamat atas kesuksesan acara ini dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi warga yang menurutnya luar biasa.

Baca Juga  Diduga Idap Penyakit Langka, Bayi Muhamad Ismail Butuh Bantuan

“Saya berterima kasih atas terselenggaranya Bacip Festival Semoga ini menjadi kegiatan rutin yang bisa dilakukan Bacip sehingga menimbulkan daya tarik, gairah, dan membangun kebersamaan,” pungkasnya.

 

Red

Komentar