oleh

Jembatan Brodot Segera Erection, Konstruksi Terbangun dengan Singa Merah Dipasang Ulang

JURNAL MEDIA, JOMBANG — Pekerjaan sebagian konstruksi pembangunan Jembatan Brodot di Desa Brodot, Bandarkedungmulyo, Jombang, yang dinilai berpotensi mengurangi kualitas telah dilakukan perbaikan.

Jembatan yang ditarget sebelum 20 Desember 2023 bisa difungsikan tersebut, menurut Sandi dari CV Sinar Surya Cempaka, pembongkaran dilakukan semata-mata untuk menjaga kualitas.

“Jadi, semua yang menggunakan semen yang tidak direkomendasikan oleh PUPR saya suruh bongkar,” ujar Sandi secara tertulis pada Minggu, 3 Desember 2023.

Sandi menjelaskan, bahwa hal itu dilakukan oleh mandornya akibat semen yang tersedia di pasar Jombang hanya semen Gresik dan semen Singa Merah.

“Mandor saya baru beli 10 zak semen Singa Merah untuk pasangan batu. Setelah dicek, akhirnya dibongkar dan dipasang lagi. Di Jombang hanya ada semen Singa Merah dan semen Gresik,” terang Sandi.

Baca Juga  Lokakarya Moderasi Beragama, M Firsada Minta Jaga Kerukunan Antar Umat

Sementara Dinas Permukiman Kabupaten Jombang mengungkap, pembangunan Jembatan Brodot yang melintang di atas Kali Konto tersebut akan mulai pemasangan gelagar jembatan (erection) pada minggu ini.

Proyek senilai Rp 1,5 miliar tersebut menurut rencana akan difungsikan tepat 5 hari sebelum Natal 2023. Praktis, jembatan dengan dimensi panjang 20 meter dan lebar 3,5 meter ini ditarget rampung secara keseluruhan pada akhir Desember 2023.

Pemantauan Jurnal Media di lokasi terlihat abutment, atau bagian pondasi jembatan telah selesai dicor. Informasi yang berhasil dihimpun juga menyebutkan bahwa gelagar jembatan segera dikirim ke lokasi.

[arshy/djab’s]

Komentar

Berita Lainnya