oleh

Program P2WKSS Bikin Kelurahan Cijerah Makin Berdaya

BANDUNG, jurnalmedia.com — Program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahera (P2WKSS) telah membuat Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon menjadi lebih nyaman.

Hal itu karena program ini bisa mengembangkan sumber Daya Manusia (SDM) dan lingkungan Kelurahan Cijerah semakin baik dan juga berdampak terhadap keluarga yang semakin sehat dan sejahtera.

Lewat program ini juga pemerintah bersama masyarakat bisa menanggulangi kemiskinan.

“Di sana ada pelatihan keterampilan bagi perempuan. Penyuluhan baik itu ilmu pengetahuan umum, hukum dan sebagainya. Itu dilaksankan oleh dinas terkait. Semenara untuk kegiatan fisik, seperti pembangunan taman, penataan jalan, kirmir juga dilaksanakan dinas terkait,” beber Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung, Rita Verita pada kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Selasa 12 September 2021.

Baca Juga  Pemkot Bandung Pastikan Kasus Kekerasan Anak yang Viral Telah Terselesaikan

Program P2WKSS juga, lanjut Rita memiliki kolaborsi dari 32 Organiasasi Perangkat Daerah (OPD) dan 9 lembaga.

“Capaiannya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dengan adanya program ini mampu meningkatkan kehidupannya dengan berbagai proses. Sehingga wilayah itu sekitar 100 orang bisa meningkatkan kualitas kehidupannya menjadi produktif,” jelas Rita.

Rita mengungkapkan, untuk memenuhi target tersebut maka dipilih usia dari 15-64 tahun dengan kondisi kesejahteran rendah. Dalam prosesnya, dapat meningkatkan kesejahteraan dalam berbagai bentuk kegiatan.

“Dipilih perempuan usia 15-64 tahun dan dipilih kesejahteraanya yang masih rendah. Sehingga nanti dalam proses ini berjalan 1 tahun dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” tuturnya

Di tempat yang sama, Camat Bandung Kulon, Asmara Hadi mengatkan program P2WKSS dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 26 Tahun 2009 tentang Pedoman Pelakasanaan P2WKSS.

Baca Juga  Raker PWI Kota Bandung Hasilkan Beberapa Program Unggula!

“Setiap kabupaten kota harus menyiapkan lokasi binaan juga menyusun rencana kegiatan terpadu lintas sektoral dalam rangka optimalisasi pendayagunaan sumber daya,” katanya.

Adapun lokasi P2WKSS di RW 04 Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon. Berabgai kegiatan tengah dilakukan seperti kegiatan fisik yakni taman multifungsi, rutilahu, pembuatan Loseda (:odong Sesa Dapur) dan pembangunan drainase.

Untuk kegiatan non fisik, survei lokasi, ekspose proses kegiatan, pembinaan dan edukasi dari berbagai OPD seperti kesiapsiagaan dalam mematikan api saat terjadi kebakaran. Pengolahan sampah, sosialiasasi kampung KB.

“Dengan program ini mampu memberikan dampak positif bagi wanita umumnya lingkungan yang sejahtera,” bebernya.

Sedangkan Lurah Cijerah, Kartila Muna Elza menyampaikan, sejauh ini masyarakat cukup responsif. Teruatama wanita dan anak-anak dengan adanya sosialisasi maupun edukasi dri berbagai OPD.

Baca Juga  Hari Jadi Kabupaten Tangerang, Ini yang Disampaikan Kades Tegal Kunir Lor

“Harapannya dengan program ini masyarakat dapat berkembang dan menjaga fasilitas yang telah diberikan oleh Kota Bandung untuk memajukan generasi muda,” katanya.

Hadirnya P2WKSS juga ia berharapakan menjadi keluarga binaan yang mandiri untuk memajukan ekonomi, sehingga senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Baik laki-laki atau perempuan agar berperan dalam pembangunan dan memanfaatkan pontensi yang ada pada masyarakat,” tuturnya.

Komentar

Berita Lainnya