oleh

Kota Bandung Gelar Hari Kesetiakawanan Nasional

Bandung, Jurnalmedia.com – Kesetiakawanan sosial merupakan nilai, sikap dan perilaku yang harus dilandasi dengan pengertian, kesadaran dan tanggung jawab untuk mengatasi dan menanggulangi berbagai masalah sosial yang sesuai dengan kemampuan. Selain itu, kesetiakawanan pun dapat meningkatkan kekeluargaan dan rela berkorban untuk saudara ataupun masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial alasan acara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tingkat Kota Bandung tahun 2017 di Gor Padjajaran, Sabtu (16/12/2017).

Lanjutnya, manusia merupakan makhluk sosial yang tidak terlepas dari lingkungan. Maka dari itu dirinya sangat mendukung acara yang terselenggara pada hari ini. Karena, dengan terselenggaranya acara tersebut dapat mempererat silaturahim antar relawan untuk lebih menguatkan persaudaraan.

Baca Juga  PWI Lampura Makin Siap Menggelar Konferkab ke VIII

“Saya dukung dan mengapresiasi acara hari ini. Bahwa hari kesetiakawanan nasional harus terus di perhatikan. Karana kita ini sebagai gerakan relawan merupakan pahlawan bagi masyarakat yang membutuhkan. Oleh karena itu persaudaraan harus tetap terjaga,”tuturnya.

Oded pun mengajak kepada yang hadir di acara tersebut untuk terus membangun kesetiakawanan.

“Kita bangun kesetiakawanan ini d mulai dari diri sendiri, lingkungan dan kita sebagai relawan untuk memberikan bantuan serta bimbingan masyarakat di kota Bandung,”ujar Oded.

Menurutnya, kesetiakawanan sosial yang telah tumbuh didalam masyarakat perlu dilestarikan dan diperkokoh.Begitu juga dengan kinerja dan persatuan para relawan atau pekerja sosial perlu ditingkatkan. Untuk hal tersebut,maka dalam Peringatan Hari Sosial atau Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) merupakan upaya mengenang, menghayati dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kekeluargaan yang secara bersamaan mengatasi permasalahan.

Baca Juga  Diduga Idap Penyakit Langka, Bayi Muhamad Ismail Butuh Bantuan

Ditambahkan Oded, kesetiakawanan sosial masa kini adalah instrumen menuju kesejahteraan masyarakat melalui gerakan peduli dan berbagi oleh, dari dan untuk masyarakat baik sendiri-sendiri maupun secara bersamaan berdasarkan nilai kemanusiaan, kebersamaan, kegotongroyongan dan kekeluargaan yang dilakukan secara terencana, terarah dan dan berkelanjutan menuju terwujudnya Indonesia Sejahtera.

“Maka dari itu Peringatan HKSN diharapkan dapat menjadi semangat untuk menggerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada dimasyarakat,”ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Sosial dan Pengentasan Kemiskinan Kota Bandung Tono Rusdiantono menyampaikan, tujuan diadakannya HKSN yaitu membangun elemen masyarakat agar nilai sejahtera sosial tetap kuat serta menggerakkan kepedulian aksi sosial.

“Kegiatan ini diyakini bisa menghasilkan gotong royong yang lebih kuat dan kepedulian kepada masyarakat untuk saling membantu,”ujar Tono.

Baca Juga  PWI Lampura Makin Siap Menggelar Konferkab ke VIII

Lanjutnya, kesetiakawanan sosial puk sebagai Silaturahim dan tanggung jawab setiap relawan untuk terus membangun aktifitas yang lebih baik.

“Maka dari itu saya harap kegiatan ini bisa memberikan semangat yang lebih dan perhatian kepada masyarakat yang membutuhkan.” pungkasnya.

Red

Komentar