oleh

Dihadapan Kadisdik Jabar, Uno Presentasikan Praktik Baik di SMAN 1 Cilimus

JURNAL MEDIA, CIREBON – Kepala SMAN 1 Cilimus Kabupaten Kuningan, Nono Sudarsono, S.Si., M.Pd., didaulat untuk mempresentasikan praktik baik yang telah dilakukan di sekolah yang ia pimpin selama ini. Paparannya disampaikan di hadapan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Drs. Wahyu Mijaya, SH., M.Si., Kepala Cabang Dinas Wilayah X (Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu), Ambar Triwidodo, S.Pd., unsur pimpinan di lingkungan Disdik Jabar, para kepala sekolah SMA, SMK dan SLB Negeri se-Cadisdik Wilayah X, di SMKN 1 Kedawung, Kabupaten Cirebon pada hari Rabu (11/10/2023).

Ustadz Nono atau akrab disapa Uno, mengatakan pelakasanaan praktik baik SMAN 1 Cilimus, di antaranya istiqomah mengimplementasikan budaya 5S (salam, sapa, senyum, sopan dan santun), shalat Dhuha, shalat (fardhu) berjamaah, Jum’at bersih, hari bekal serta gerakan mengurangi sampah.

Di samping itu ada juga kegiatan pengajian pagi, berbagi praktek baik, senam bersama dan lainnya.

Dengan melakukan praktik baik secara berkesinambungan, SMAN 1 Cilimus pun selama dipimpin oleh Uno banyak perubahan ke arah positif, seperti fasilitas serta sarana prasarana yang meningkat, capaian prestasi baik guru maupun siswa yang meningkat, banyaknya siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri terbanyak se-wilayah Cadisdik X.

Baca Juga  Disdik Jabar Waspadai Siswa Titipan Masuk di Luar Jalur PPDB Usai MPLS

“Alhamdulillah saya juga kaget dipilih mewakili SMA Negeri se-Cadisdik X untuk mempresentasikan praktik baik ini di hadapan Pak Wahyu KaDisdik Jabar dan pejabat di lingkungan Disdik Jabar,” kata Uno, melalui pesan WhatsApp, Jum’at (13/10/2023).

Hal tersebut pun mengacu pada visi Jawa Barat, yakni terwujudnya Jawa Barat juara lahir dan batin dengan inovasi dan kolaborasi. Termasuk visi kepala sekolah yakni terwujudnya peserta didik yang unggul lahir batin.

Senada dengan visi kepala sekolah, visi SMAN 1 Cilimus yaitu terwujudnya peserta didik dan lulusan yang unggul dan berkarakter mulia, berkualitas dalam imtaq dan iptek serta berbudaya lingkungan hidup.

Masih dikatakan Uno, SMAN 1 Cilimus berdiri awjak tahun 1978, didukung oleh guru ASN sebanyak 37 orang, P3K 24 orang, non ASN 8 orang dan tenaga kependidikan 18 orang.  Jumlah siswa secara keseluruhan ada 1.288 orang.

Baca Juga  Pj Gubernur Jabar Larang Kekerasan dan Perundungan di MPLS SMA/SMK

Sedangkan untuk raihan prestasi pada tahun 2022, SMAN 1 Cilimus terpilih menjadi salah satu sekolah dengan Pengelola Kinerja Terbaik DAK fisik tahun 2022.

Di samping itu capaian prestasi siswanya di bidang akademik tahun 2022, di antaranya juara 1 OSN Biologi, juara 4 OSN Ekonomi, juara 4 OSN Kebumian, juara 6 OSN Geografi, se-Kabupaten Indramayu. Lalu juara 2 olimpiade Akuntansi se-wilayah III Cirebon.

Prestasi non akademik tahun 2022 di antaranya juara 1 taekwondo se-Jabar, juara 2 hiking tingkat Kwarcab Kabupaten Kuningan, juara 2 pencak silat se-wilayah Cirebon.

Di tahun 2023, capaian prestasi siswa di bidang akademik antaranya tingkat nasional bidang kimia, juara OSN bidang ekonomi, kimia dan kebumian, juara 3 olimpiade akuntansi wilayah Cirebon dan Jawa Tengah.

Sementara prestasi siswa bidang non akademik di tahun 2023 di antaranya juara 1 FLS2N tingkat Kabupaten Kuningan untuk lomba menyanyi solo, poster, cipta puisi, komik digital serta gitar solo, di tingkat provinsi juara ke 2 desain poster. Di bidang lainnya juara 1 kata beregu putri (karate), tingkat nasional.

Baca Juga  Diduga Banyak Manipulasi Data, Tengah Imah Minta Disdik Jabar Verifikasi Data PPDB 2024

Berkaitan dengan lulusan SMAN 1 Cilimus, seperti dibahas di awal tulisan, pernah menjadi sekolah palong banyak se-Cadisdik X yang diterima di perguruan tinggi negeri.

“Alhamdulillah lulusan kami pun banyak di terima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBP (rapor), SNBT (tes), SPAN-PTKIN, PMDP dan UMPTKIN. Pada tahun 2022 ada 123 siswa dan pada tahun 2023 meningkat menjadi 172 siswa,” kata Uno.

Uno pun menjelaskan mengenai prestasi lainnya, di antaranya membimbing dan memotivasi guru projek dalam menyusun modul P5 berbasis STEM. Termasuk ada sembilan guru SMAN 1 Cilimus yang lolos sebagai calon guru penggerak.

Tidak kalah penting untuk melakukan praktik baik SMAN 1 Cilimus pun menjalin kemitraan, baik dengan ikatan alumni, dosen, sekolah UG, necis campus day, pendampingan siswa orangtua dalam pemberian motivasi, bekerja sama dengan Puskesmas, PMI, BNN, BPLH, Polsek dan banyak lagi. ***

Komentar