oleh

Kadisdik Apresiasi Atlet Peparnas Meski Raih Runner-Up

JURNAL MEDIA, JAYAPURA — Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar selaku Chef de Mission (CdM) atau Ketua Rombongan Kontingen Jabar Peparnas XVI, Dedi Supandi mengapresiasi seluruh atlet yang telah berjuang.

Kontingen Jawa Barat (Jabar) menjadi runner-up di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021. Total, kontingen Jabar berhasil meraup 263 medali, yakni 102 medali emas, 88 perak, dan 73 perunggu.

“Kita sangat mengapresiasi para atlet yang telah berjuang dan membuat masyarakat Jabar bangga dengan prestasi yang diraih,” ungkap Kadisdik pada penutupan Peparnas XVI Papua 2021 di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (13/11/2021).

Menurutnya, ajang Peparnas membuktikan semua orang bisa menjadi juara. “Kita salut dan semua kemenangan diraih dengan semangat juang yang tinggi dan meniadakan arti keterbatasan. Mereka (para atlet) adalah juara,” tegasnya.

Melalui Peparnas juga, ungkap Kadisdik, membuktikan bahwa banyak atlet Jabar yang berhasil dipanggil ke pemusatan latihan nasional (pelatnas) di sebagian besar cabang olahraga pasca-kontingen Jabar meraih juara umum pada Peparnas XV Jabar 2016. “Tradisi ini telah diteruskan kepada atlet generasi muda yang berlaga di Peparnas tahun ini. Ini membuktikan bahwa regenerasi atlet kita berjalan baik,” tuturnya.

Ke depan, pembinaan atlet akan menjadi fokus utama. “Pembinaan atlet nantinya akan melibatkan kolaborasi banyak pihak. Mulai dari NPCI Jabar, Disdik, Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Sosial,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Kadisdik, sekolah luar biasa (SLB) pun akan menjadi tempat pengembangan para atlet. “Pengembangan (para atlet) akan dimulai dari anak-anak yang berada di sekolah luar biasa,” ucapnya.

Pada Peparnas XVI ini, kontingen tuan rumah, Papua berhasil meraih juara umum dengan total raihan 297 medali, yakni 125 medali emas, 85 perak, dan 86 perunggu.

***

Komentar

Berita Lainnya