oleh

Meski Pandemi, Jumlah Mahasiswa STIKES Alifah Padang Naik 53 Persen

PADANG, Jurnalmedia.com — Civitas akademika STIKES Alifah Padang patut berbangga. Pasalnya, antusiasme masyarakat untuk menimpa ilmu di kampus ini mengalami peningkatan jumlah mahasiswa dibanding tahun sebelumnya. Peningkatannya naik 53 persen. Seleksi tahun ini menjaring 333 mahasiswa baru.

Ratusan mahasiswa ini sudah menjalani Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) yang berlangsung selama dua hari, 7 hingga 8 September 2021. Ketua STIKes Alifah Padang, Ns Asmawati M Kep berharap, mahasiswa baru bisa menjadi mahasiswa kreatif dan unggul, sesuai tema yang diusung selama PPKMB. Asmawati juga memotivasi para mahasiswa baru agar semangat menimba ilmu.

Ia juga memuji Ketua Pelaksana PPKMB, Meyi Yanti MKM, karena pelaksanaan acara berlangsung sukses. Pelaksanaan PKKMB di STIKES Alifah sendiri mengacu pada panduan PKKMB dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. “PKKMB tahun ini menjadi spesial karena dihadiri para narasumber hebat, diantaranya Walikota Padang Hendri Septa B Bus (ACC) MIB,” ujar Asmawati.

Baca Juga  Pemkot Bandung Izinkan 1.677 Sekolah Gelar PTMT

Dalam presentasinya, Walikota menyampaikan berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Padang dalam upaya penanganan Covid-19. Ia juga meminta kerjasama semua pihak, terutama sektor pendidikan membantu pemerintah bersama-sama melawan Covid-19. Terutama dalam hal vaksinasi, karena masih banyak masyarakat yang tidak bersedia divaksin. Walikota juga memotivasi mahasiwa baru untuk semangat belajar.

Mahasiswa baru cukup antusias mengikuti penjelasan walikota. Mahasiswa bahkan kritis dengan pertanyaan-pertanyaannya. Acara yang dimoderatori Radian Ilmaskal MPH, dosen Prodi Kesehatan Masyarakat ini berlangsung alot.

Hari kedua, pemateri dihadiri Prof Dr Herri MBA, Kepala LLDIKTI Wilayah X dengan materi perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan normal baru pasca (dalam masa) pandemi. Menurut Herri, generasi muda saat ini menghadapi tantangan berat. Karena itu, kata dia, mahasiswa baru harus banyak menguasai data literasi. Sementara pembicara lain juga dihadiri dari Kemenkumham Sumbar, BPBD Kota Padang, Badan Narkotika Nasional dan alumni.
PKKMB ditutup dengan aksi peduli lingkungan hidup, berupa penanaman pohon dan pembersihan lingkungan rumah masing-masing mahasiswa baru yang dipandu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKes Alifah Padang.

Baca Juga  KPID: Banyak Penyalahgunaan Frekuensi Publik Untuk Kepentingan Pribadi

(Dg)

Komentar